Washington (ANTARA New) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menemui para bos perusahaan-perusahaan raksasa IT seperti Apple, Facebook, Google dan Twitter guna membahas pengawasan dinas rahasia AS dan laman reformasi layanan kesehatannya.

Seorang pejabat Gedung Putih mengungkapkan Obama akan berbicara kepada para penguasa Lembah Silikon mengenai kemajuan dalam perbaikan laman Healthcare.gov yang sempat menghambat penerapan inisiatif domestik yang ditandanganinya.

"Pertemuan ini juga akan membahas masalah keamanan nasional dan dampak ekonomi dari pengungkapan data intelijen yang tidak sah," kata dia seraya menambahkan Obama juga ingin membahas bagaimana sektor IT mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperluas lapangan kerja.

Yang akan berbicara dengan Obama diantaranya adalah Sheryl Sandberg dari Facebook, Tim Cook dari Apple, Marissa Mayer dari Yahoo, Eric Schmidt dari Google dan Dick Costolo dari Twitter.

Kebanyakan dari mereka adalah pendukung utama kampanye politik Obama, namun pengungkapan program mata-mata dinas intelijen AS oleh Edward Snowden telah merenggangkan hubungan Gedung Putih dan para penguasa IT ini.

Delapan perusahaan IT terkemuka di AS pekan lalu menyeru Washington untuk mengubah UU pengawasan intelijen menyusul pembeberan oleh Snowden, lewat satu surat terbuka kepada Obama.

Pekan lalu juga Obama diserahi laporan dari sebuah panel penyelidik program mata-mata Dewan Keamanan Nasional (NSA).  Sejumlah orang dekat Obama menyebutkan bahwa Obama akan mengendorkan penyadapan data internet dan telepon tahun baru nanti, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013