Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor mengerahkan 600 personel untuk pengamanan arus lalu lintas di kawasan Puncak saat liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

"Untuk jalur Puncak mulai dari Ciawi hingga ke atas (perbatasan Puncak-Cianjur) kita mengerahkan personel 600 orang," ujar Kapolres Bogor AKBP Asep Safrudin di Bogor, Kamis.

Kapolres menyebutkan, selain menyiagakan personel lebih banyak dari akhir pekan biasanya, pihaknya telah menyiapkan skema pengamanan arus lalu lintas di jalur Puncak.

Satlantas Polres Bogor akan membatasi jumlah kendaraan yang melintas di jalur Puncak sebelum malam pergantian tahun baru. Sekitar pukul 19.00 WIB kendaraan diharapkan sudah berada di Puncak sebelum pembatasan jalur diberlakukan.

"Kami menghimbau para pengendara yang ingin ke Puncak, agar sebelum jam 19.00 sudah berada di Puncak. Kalau terlambat, dipastikan akan tertahan untuk bisa naik," ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan rencana pembatasan arus lalu lintas di Puncak melalui media massa dan juga siaran radio.

Satlantas Polres Bogor juga telah menyebarkan spanduk berisikan informasi pembukaan jalur Puncak pada malam tahun baru.

Selain membatasi jalur Puncak, Polres Bogor juga akan melakukan pengalihan arus bagi kendaraan yang ingin ke Puncak untuk melewati jalur Jonggol dan Cibubur.

"Pengalihan arus agar konsentrasi kendaraan tidak hanya di Puncak tapi dapat dipecah, bagi yang mau ke Cianjur bisa lewat Jonggol dan Cibubur," ujar Kapolres.

Terkait pengalihan arus, lanjut Kaporles, pihaknya telah menyebarkan pengumuman dan sosialisasi serta menyebarkan brosur bagi pengendara yang ingin merayakan malam Tahun Baru di kawasan Puncak.

Seperti malam pergantian tahun sebelumnya, situasi di kawasan Puncak dipadati warga yang merayakan malam Tahun Baru.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013