Jangan pernah meremehkan lawan di babak final, tetapi pelatih, pemain dan ofisial harus tetap yakin bisa meraih kemenangan untuk membawa pulang medali emas,"
Surabaya (ANTARA News) - Ketua Badan Tim Nasional PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti berharap para pemain Timnas Indonesia tetap fokus mengejar target merebut medali emas, setelah memastikan lolos ke final SEA Games 2013 di Myanmar.

"Jangan pernah meremehkan lawan di babak final, tetapi pelatih, pemain dan ofisial harus tetap yakin bisa meraih kemenangan untuk membawa pulang medali emas," kata La Nyalla, ketika dihubungi di Surabaya, Kamis malam.

Timnas Garuda Muda melaju ke babak final setelah mengalahkan musuh bebuyutan Malaysia melalui drama adu penalti, dengan skor akhir 5-4.

Kedua tim bermain imbang 1-1 dalam waktu normal, sehingga harus berlanjut dengan perpanjangan waktu.

Kemenangan Kurnia Meiga dan kawan-kawan sekaligus menjadi pembalasan kepada tim Malaysia yang telah mempermalukan Indonesia pada final SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

"Mitos Indonesia selalu kalah dari Malaysia lewat adu penalti ternyata tidak terbukti. Masa kritis Timnas sudah terlewati, dan sekarang pemain harus fokus menyongsong laga final," ujar La Nyalla.

Pada laga final, Tim Garuda Muda akan bertemu pemenang antara Thailand dan Singapura yang hingga berita ini ditulis masih bertanding.

Thailand pada pertandingan sebelumnya di SEA Games mengalahkan Indonesia dengan angka telak 4-1 di babak penyisihan grup.

La Nyalla menambahkan, medali emas merupakan target yang dibidik PSSI pada SEA Games 2013 di Myanmar, setelah dua tahun lalu hanya mampu merebut medali perak di kandang sendiri.

"Sebagai Ketua BTN PSSI, saya juga mengharapkan bantuan doa dari seluruh masyarakat Indonesia untuk perjuangan timnas di laga final nanti," katanya.

Perjalanan Indonesia menuju final cabang sepak bola SEA Games 2013 tidak mulus. Setelah menang tipis 1-0 atas Kamboja, Timnas dibekuk Thailand dengan skor telak 1-4, dan ditahan imbang Timor Leste tanpa gol.

Kurnia Meiga dan kawan-kawan memastikan tiket semifinal, setelah pada laga penyisihan terakhir grup mengalahkan tuan rumah Myanmar dengan skor tipis 1-0, dan menempati peringkat kedua klasemen di bawah Thailand.(*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013