Rio de Janeiro (ANTARA News) - Swedia akan meminjamkan beberapa jet tempur Gripen NG ke Brazil untuk pertandingan Olimpiade 2016 yang akan berlangsung di Rio de Janeiro.

Laman berita GI di Brazil melaporkan pada Jumat (20/12) menyebutkan Angkatan Udara Swedia meminjamkan jenis jet tersebut karena 36 jet serupa yang dibeli Brazil dari perusahaan Saab di Swedia belum siap dikirim sampai tahun 2023.

Brazil membeli jet itu untuk memperbarui armada jet Mirage milik Angkatan Udara yang akan dipensiunkan.

Brigadir Angkatan Udara Brazil Jose Augusto Crepaldi Affonso, yang memimpin pengambilan keputusan untuk membeli jet Swedia, mengatakan kepada G1 bahwa enam dari 12 jet akan dipinjamkan ke Brazil untuk meningkatkan keamanan selama pertandingan musim panas itu.

Ketika ditanya apakah jet tersebut akan berada di Brazil pada waktunya untuk pertandingan final Piala Dunia FIFA 2014, yang akan dituanrumahi oleh 12 kota besar Brazil pada Juni dan Juli, Crepaldi mengatakan tampaknya hal itu tak mungkin sebab perundingan mengenai pinjaman tersebut belum dilaksanakan.

"Saya kira peluangnya terlalu kecil, sekitar 20 persen. Tapi untuk Pertandingan Olimpiade, semuanya tentu akan ada di sini," kata Crepaldi sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua.

Brazil pada Rabu (18/12) mengumumkan keputusannya untuk membeli jet tempur dari Saab, dalam  kesepakatan bernilai 4,5 miliar dolar AS, dan menyatakan negara Amerika Selatan itu akan memperhitungkan biaya dan alih teknologi.

(UU.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013