Teheran (ANTARA News) - Iran dan enam kekuatan dunia telah memulai putaran baru perundingan tingkat ahli di Jenewa, Swiss, untuk merancang mekanisme pelaksanaan perjanjian nuklir sementara yang disepakati bulan lalu.

Para pejabat dari Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB (Amerika Serikat, China, Rusia, Prancis dan Inggris) plus Jerman memulai pembicaraan pukul 16.00 waktu setempat pada Kamis (19/12).

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Hukum dan Internasional Abbas Araqchi mengatakan pada Rabu bahwa pembicaraan tersebut dijadwalkan berlangsung Kamis dan Jumat, tetapi dapat dilanjutkan sampai pekan depan.

Pada 12 Desember, Iran dan enam kekuatan dunia menyelesaikan perundingan intens empat hari pada tingkat ahli di markas Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di ibu kota Austria, Wina.

Iran dan negara kelompok P5+1 menandatangani kesepakatan sementara di Jenewa pada 24 November untuk membuka jalan bagi penyelesaian penuh sengketa program nuklir Iran dengan Barat yang telah berlangsung satu dasawarsa.

Barat menuduh Iran mengembangkan persenjatan nuklir di balik program nuklir sipilnya, meskipun Teheran berkali-kali membantah bahwa program nuklirnya untuk kepentingan sipil.

(Uu.H-AK)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013