Roma (ANTARA News) - Para senator di Italia pada Senin memberikan persetujuan akhir mereka untuk anggaran 2014, yang ditujukan guna mengatasi krisis sosial yang terus bertahan sekalipun secara formal resesi terpanjang pasca perang di negara itu telah berakhir.

Pemerintah mengatakan anggaran tersebut "membalikkan" tren penghematan beberapa tahun terakhir, tetapi para kritikus termasuk serikat pekerja dan lobi bisnis Confindustria memperingatkan bahwa anggaran itu tidak cukup untuk merangsang pertumbuhan.

Anggaran lolos dengan 167 suara mendukung dan 110 suara menentang.

Anggaran tersebut mencakup penciptaan dana hasil dari pemotongan birokrasi yang digunakan untuk mengkompensasi pajak penghasilan yang lebih rendah, serta langkah-langkah untuk mendorong perekrutan pekerja, pajak yang lebih tinggi pada pensiun besar dan pengenalan skema manfaat baru bagi para pengangguran.

Ekonomi Italia, terbesar ketiga di zona euro, mengakhiri kontraksi dua tahun pada kuartal ketiga dengan pertumbuhan nol persen, tetapi pengangguran masih pada tingkat rekor tinggi dan ribuan usaha terpaksa ditutup karena krisis.

(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013