Paris (ANTARA News) - Biro statistik nasional Prancis Insee pada Selasa menyatakan kinerja negatif dari kekuatan utama Eropa itu selama kuartal ketiga tahun ini, karena ekspor melemah dan investasi buruk.

Untuk periode Juli-September, produk domestik bruto (PDB) Prancis menyusut 0,1 persen, dibandingkan dengan pertumbuhan 0,6 persen untuk kuartal sebelumnya, lembaga itu menambahkan.

Investasi di perekonomian terbesar kedua zona euro itu mengalami penurunan sebesar 0,4 persen dengan kas dari perusahaan-perusahaan non-keuangan turun sebesar 2,1 persen untuk kuartal ketiga.

Ekspor Prancis turun 1,3 persen setelah meningkat 1,9 persen pada kuartal kedua, sementara impor tumbuh sebesar 0,9 persen, memberikan kontribusi untuk neraca perdagangan negatif.

Pertumbuhan pengeluaran rumah tangga melambat sebesar 0,3 persentase poin menjadi berdiri di 0,1 persen pada kuartal ketiga, laporan tersebut menambahkan.

Insee menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi setahun penuh 2013 Prancis menjadi 0,1 persen dari estimasi sebelumnya 0,2 persen, menambah lebih banyak tekanan pada pemerintah untuk memulihkan tingkat pengangguran tinggi melebihi 10 persen, demikian Xinhua.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013