Xi'an, China (ANTARA News) - Anak lelaki usia enam tahun di Barat Laut China terbuat dari sesuatu yang kuat. Di dalam wajah mungilnya, ada topeng titanium yang menempel bersama tulang wajah yang rusak.

Anak laki-laki yang bernama Bowen ini mendapatkan operasi perbaikan pada Senin di rumah sakit Xijing di Barat Laut provinsi Shaanxi, China, setelah wajahnya hancur menjadi ratusan keping dalam sebuah kecelakaan mobil.

Pada Selasa (24/12) ia sedang di bawah pengamatan ICU rumah sakit dan mungkin mendapatkan beberapa perbaikan wajah seperti dilansir kantor berita Xinhua.

Dokter memulai operasi dengan membangun sebuah jaringan untuk membantu perbaikan wajah Bowen.

Kepala ahli bedah, Shu Maoguo, mengatakan sebelum operasi, Bowen tidak dapat bernafas atau mencium bau. Rongga mata Bowen tidak dapat membantu matanya dan rahangnya bergeser dari tempatnya.

Dokter merancang topeng titanium, mirip dengan topeng Batman untuk mencocokkan bagian-bagiannya dan menaruhnya di bawah kulit.

Shu dan timnya, susah payah membersihkan tulang patah anak itu sebelum mengembalikan posisi rahang, menahannya tetap di tempat titanium dan penjepit berada. Penjepit memungkinkan Bowen mengunyah makanan, kata Shu.

Berikutnya, mereka membangun kembali rongga mata bagian bawah, penghubung hidung dan tulang premaxillary, yang merupakan bagian rahang, menempelkannya dengan topeng titanium.

Setelah operasi maraton selama tujuh jam, ahli bedah menyatakan operasinya "sukses".

Dokter berharap operasi akan mengembalikan penampilan Bowen seperti sebelum kecelakaan.

Bowen berharap dapat keluar dari rumah sakit setelah 10 hari untuk bergabung kembali dengan keluarganya. Shu mengatakan, Bowen dapat mengajukan beberapa operasi perbaikan ringan setelah masa pemulihannya.

Pada 2006, dokter-dokter dari rumah sakit yang sama menolong memperbaiki wajah seorang pria berusia 30 tahun yang diserang seorang beruang.(*)

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013