Sebagian besar penumpang yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung menggunakan kendaraan pribadi,"
Merak (ANTARA News) - Pelabuhan Merak Banten dipadati penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2014 bersama anggota keluarga.

"Sebagian besar penumpang yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung menggunakan kendaraan pribadi," kata Kepala Bagian Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak Mario S Utomo di Merak, Rabu.

Ia mengatakan, penumpang yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera tersebut mereka memadati lima dermaga Pelabuhan Merak.

Mereka datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera melalui penyeberangan Merak.

Namun, saat ini lonjakan penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi tidak terjadi antrean panjang.

"Kepadatan kendaraan hanya antrean di sekitar parkir dermaga saja sambil menunggu naik ke atas kapal untuk diseberangkan," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data sementara pukul 15.00 WIB jumlah penumpang pejalan kaki yang diseberangkan sebanyak 6.212 orang dan total kendaraan 7.100 unit.

Dari 7.100 unit kendaraan itu antara lain roda dua sebanyak 1.119 unit, roda empat 3.206 unit dan truk 2.437 unit.

Saat ini, ujar dia, jumlah penumpang berkurang dibandingkan Senin (23/12) hingga mencapai puluhan ribu orang.

Mereka kebanyakan penumpang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halaman karena memasuki liburan panjang.

Selama ini, perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung sebanyak 84 trip sehingga tidak terjadi antrean panjang di dermaga Pelabuhan Merak.

Sebab keberangkatan penyeberangan kapal di dermaga hanya membutuhkan waktu selama 60 menit bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Kami saat ini mengoperasikan sebanyak 27 kapal roll on roll of atau Roro untuk melayani penyeberangan itu," katanya.(*)

Pewarta: Mansyur
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013