... jamin 27 kapal Ro-Ro itu bisa atasi antrean angkutan Tahun Baru... "
Merak, Banten (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, mengoperasikan 27 kapal Roll-on Roll-off atau Ro-Ro untuk mengatasi peningkatan jumlah penumpang menjelang Tahun Baru 2014.

"Kami yakin pengoperasian sebanyak 27 kapal Ro-Ro itu dapat memberikan pelayanan terbaik," kata Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Oetomo, di Merak, Kamis.

Ia mengatakan, selama ini kondisi Pelabuhan Merak relatif sepi sehingga penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan cukup lega di dalam kapal penyeberangan.

Bahkan, lima dermaga di Pelabuhan Merak juga masih lengang.

Mereka setiap angkutan langsung naik ke atas kapal Ro-Ro yang bersandar sambil menunggu penyeberangan.

"Kami jamin 27 kapal Ro-Ro itu bisa atasi antrean angkutan Tahun Baru," katanya.

Menurut dia, pengoperasian kapal sebanyak 27 kapal Ro-Ro dapat melayani perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, mencapai 90 trip.

Selain itu, bongkar muat di Pelabuhan Merak antara 60-80 menit, selanjutnya kapal bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Selama ini, ujar dia, penumpang dan kendaraan bisa terlayani dengan baik melalui 27 kapal itu.

"Kami tetap mengutamakan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan dengan selamat sampai tujuna," ujarnya.

Berdasarkan data rekapitulasi angkutan Natal dan Tahun Baru 2014, Kamis (26/12 mulai pukul 24.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB tercatat 32.538 orang terdiri dari 5.543 penumpang jalan kaki dan 26.995 penumpang di atas kendaraan.

Sedangkan, jumlah kendaraan 6.405 unit terdiri dari roda dua sebanyak 901 unit, roda empat tercatat 3.165 unit, bus 324 dan truk 2.015 unit.

"Semua penumpang dan kendaraan bisa diseberangkan dengan lancar tanpa terjadi antrean," tuturnya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013