Akhir pekan menjadi pilihan para pengguna jasa melakukan perjalanan."
Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pengguna jasa kapal feri dari Pelabuhan Merak, Banten, pada masa liburan Natal 2013 dan menjelang Tahun Baru 2014 menurun dibandingkan dengan kondisi pada tahun sebelumnya.

"Jumlah penumpang dan kendaraan masa liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu," kata Hubungan Masyarakat PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak, Mario S. Oetomo, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis malam.

Menurut dia, pada masa liburan akhir tahun ini, jumlah penumpang maupun kendaraan secara keseluruhan menurun cukup signifikan.

Berdasarkan data statistik, penurunan jumlah penumpang pejalan kaki adalah yang paling signifikan dibandingan golongan lain.

"Jika tahun lalu sampai hari ke-8 total mencapai 53.270 orang, maka tahun ini turun drastis mencapai 26 persen atau hanya mencapai 39.389 orang," katanya.

Demikian pula, ujar dia, kendaraan motor turun 18 persen dan mobil pribadi turun 5 persen pada periode yang sama.

"Meskipun dibandingkan hari biasa kenaikan penumpang dan kendaraan cukup tinggi, hal ini berbanding terbalik dengan tahun lalu yang secara total sampai saat ini mengalami penurunan," ucapnya.

Mario memperkirakan, kenaikan jumlah kendaraan dan penumpang akan kembali terjadi pada akhir pekan ini karena pada masa liburan.

"Akhir pekan menjadi pilihan para pengguna jasa melakukan perjalanan," katanya.

Saat ini, Pelabuhan Penyeberangan Merak dengan tujuan Bakauheni, Lampung, mengoperasikan 27 kapal dengan 5 dermaga, serta kondisi cuaca dalam kedaan normal dengan kecepatan angin 5 hingga 10 knot dan tinggi gelombang 0,75 hingga 1,25 meter. (*)

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013