Magetan (ANTARA News) - Jumlah pengunjung objek wisata Telaga Sarangan di lereng Gunung Lawu, Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, meningkat signifikan menjelang perayaan Tahun Baru 2014 yang bersamaan dengan libur sekolah.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Telaga Sarangan, Kuswinardi, Sabtu, mengatakan jumlah pengunjung Telaga Sarangan Magetan selama liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 yang bersamaan dengan liburan sekolah rata-rata mencapai 5.000 orang per hari.

"Jumlah tersebut meningkat signifikan dari kunjungan hari libur biasa yang hanya berkisar 3.000 hingga 4.000 orang," ujar Kuswinardi kepada wartawan.

Menurut dia, kenaikan jumlah pengunjung sudah terjadi sejak hari Senin (23/12) lalu, karena para siswa sudah memasuki libur sekolah.

"Diperkirakan, puncak kunjungan Telaga Sarangan pada liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 akan terjadi pada tanggal 31 Desember 2013 dan tanggal 1 Januari 2014," terang dia.

Pada momentum tersebut, lanjutnya, diperkirakan jumlah pengunjung bisa mencapai 15.000 orang. Para pengunjung tersebut tidak hanya berasal dari wilayah Magetan, Madiun, dan sekitarnya.

Namun juga dari kota-kota besar seperti Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, dan Jakarta.

Ia menambahkan meningkatnya jumlah pengunjung tersebut membawa berkah tersendiri bagi para penyedia jasa hotel, restoran, pasar agrowisata, dan aneka hiburan di objek wisata Telaga Sarangan.

Momentum tersebut digunakan oleh para penyedia jasa hotel dan restoran untuk meraih keuntungan.

Selain itu, meski pengunjung mengalami peningkatan yang cukup signifikan, pihak pengelola Telaga Sarangan tidak menaikkan tarif masuk atau retribusi, karena penarikan retribusi telah diatur dalam Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Retribusi Rekreasi dan Olahraga.

Sesuai perda tersebut retribusi, untuk dewasa ditarik sebesar Rp7.500, anak-anak sebesar Rp5.000, mobil sebesar Rp2.500, dan bus/truk sebesar Rp10.000.

Guna mengatasi kemacetan arus lalu lintas saat puncak kunjungan akhir tahun mendatang, pengelola Telaga Sarangan telah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Pemkab Magetan dan Satuan Lalu Lintas Polres Magetan untuk mengaturnya.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013