... mengatakan kepada orang-orang, dia berperang melawan rezim Bashar al-Assad dan bahwa ia telah membenarkan pembunuhan... "
Teheran (ANTARA News) - Seorang pria Amerika Serikat yang memakai facebook untuk terhubung dengan Al Qaeda guna pelatihan senjata telah mengaku bersalah atas tuduhan terorisme di pengadilan Amerika Serikat.

Sinh Vinh Nguyen Ngo, warga negara Amerika Serikat itu, mengakui ia mencoba untuk membantu Al Qaeda dengan menawarkan memberikan pelatihan senjata untuk kelompok teror itu. Al Qaeda ada di urutan nomor wahid jaringan teroris internasional paling dicari Amerika Serikat.

Pria 24 tahun itu mengaku bersalah di hadapan Hakim Pengadilan Distrik Amerika Serikay, John F Walter. Nguyen menghadapi hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Ia mengatakan ia berencana menawarkan dirinya sebagai pelatih bagi pasukan Al Qaeda untuk menyergap tentara di Suriah, di mana ia telah menghabiskan waktu lima bulan pertempuran dengan pemberontak.

"Menggunakan situs jaringan sosial selama periode empat bulan dia berada di Suriah, Nguyen mengatakan kepada orang-orang, dia berperang melawan rezim Bashar al-Assad dan bahwa ia telah membenarkan pembunuhan."

Hakim yang menerima pengakuan bersalah sebelumnya telah menyatakan keraguan tentang apakah Nguyen memiliki keahlian khusus untuk menawarkan pelatihan kepada kelompok teror itu.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013