Saya sangat tersiksa saat tidak bermain dan saya siap untuk melaju,"
Brisbane (ANTARA News) - Maria Sharapova kembali dari cedera dengan kemenangan dominan 6-3, 6-0 atas Caroline Garcia asal Prancis pada putaran pembuka Brisbane International pada Senin.

Petenis peringkat empat dunia itu tidak memperlihatkan tanda-tanda cedera bahu yang membuat ia absen berkompetisi sejak Western dan Southern Terbuka pada Agustus, ketika ia melaju ke putaran kedua dalam waktu 64 menit di Pat Rafter arena.

"Saya sangat tersiksa saat tidak bermain dan saya siap untuk melaju," papar Sharapova di lapangan.

"Saya merindukan permainan, saya ingin keluar dan benar-benar tampil baik dan saya berusaha untuk itu."

Frustrasi setelah lama tidak memainkan pertandingan kompetitif, petenis Rusia 26 tahun itu tampil menekan dan unggul 3-0 menghadapi lawannya yang menghuni peringkat 74 dunia itu.

Juara empat ajang utama, yang diamati oleh pelatih barunya Sven Groeneveld, tanpa ampun melepaskan pukulan servis keras yang menimbulkan masalah bagi Garcia.

Sharapova menyelesaikan set pertama dengan pukulan forehand pada menit ke-39, dan berkat dua break, ia segera unggul 4-0 pada set kedua.

Dengan momentum yang memihak kepada dirinya dan Garcia menggeleng-gelengkan kepalanya saat melihat beberapa pukulannya membentur net, Sharapova melakukan break lainnya dan mengunci kemenangan saat dirinya melakukan servis dengan pukulan smes keras.

Petenis Rusia itu, yang terpaksa tidak dapat mengikuti turnamen Brisbane karena cedera selama dua tahun terakhir, gembira karena ia akhirnya mampu memperlihatkan permainnanya di hadapan masyarakat Queensland.

"Ini sudah lama (ia tidak bermain di sini), saya meminta maaf," ucapnya. "Saya bermaksud mengikuti ajang ini selama bertahun-tahun, maka saya gembira itu dapat terlaksana pada tahun setelah terpisahkan dari permainan ini selama beberapa bulan."

Unggulan ketiga itu tidak diragukan lagi akan menghadapi para penonton yang tidak memihak kepada dirinya pada pertandingan putaran kedua, ketika ia menantang petenis muda Australia Ash Barty, yang sebelumnya mengalahkan Daniela Hantuchova 6-3, 7-5.

"Itu akan menjadi pertandingan berat lainnya, ia telah empat kali bermain di sini yang merupakan keuntungan besar menjelang tahun baru," kata Sharapova, yang diunggulkan akan bertemu petenis peringkat satu dunia Serena Williams di semifinal.

Petenis Jerman unggulan kelima Angelique Kerber, finalis Wimbledon tahun ini, juga menaklukkan petenis Prancis 20 tahun pada pertandingan pertamanya, saat ia mengungguli Kristina Mladenovic 6-2, 6-2.

Sebelumnya, mantan petenis peringkat satu dunia Jelena Jankovic menaklukkan mantan juara Prancis terbuka Francesca Schiavone 6-2, 7-6 (6) untuk memastikan tempatnya di putaran kedua.

Pada sektor putra, petenis Kroasia Marian Cilic bangkir dari ketinggalan untuk mengalahkan petenis Uzbekistan Denis Istomin 6-7, 7-6 (5), 6-4, dan petenis AS Sam Querrey menundukkan unggulan ketujuh asal Rusia Dmitry Tursunov 7-5, 6-4.

Jarkko Nieminen asal Finlandia menaklukkan petenis tuan rumah

James Duckworth 6-2, 6-3, di mana pada putaran kedua ia akan berhadapan dengan unggulan teratas Roger Federer, demikian Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013