Harga tiket Rp25.000 ini khusus malam tahun baru
Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memperkirakan puncak kedatangan pengunjung di tempat wisata tersebut akan terjadi mulai pukul 22.00 WIB sebagai imbas kepadatan lalu lintas yang mengarah ke pusat Kota Jakarta.

"Biasanya mulai pukul 18.00 WIB pengunjung sudah mulai datang, tetapi puncaknya biasanya jam 22.00--23.00 WIB karena warga Jakarta sudah tidak bisa mengarah ke Jakarta Pusat sehingga mereka mencari alternatif ke TMII," kata Direktur Operasional TMII Ade F. Meliala di Jakarta, Selasa.

Ade meminta para pengunjung TMII tidak khawatir dengan keamanan di TMII karena pihaknya telah bekerja sama dengan aparat gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP untuk pengamanan.

Namun, dia tetap meminta pengunjung waspada atas kemungkinan adanya pencopet yang memanfaatkan momentum malam pergantian tahun untuk berbuat kejahatan.

"Kami mengharapkan para pengunjung tetap waspada dengan pencopet yang biasa menyamar seperti pengunjung. Kami juga mengharapkan pengunjung tidak membuang sampah sembarangan karena kami telah menyediakan plastik-plastik sampah di dalam kompleks TMII," kata dia.

Sementara itu, Manajer Humas TMII Suryandoro memperkirakan sebanyak 70.000 pengunjung akan memadati TMII sepanjang malam pergantian tahun baru 2014 untuk menikmati pesta kembang api dan pagelaran musik.

Menurut Suryandoro, pihaknya telah mempersiapkan pagelaran musik dangdut Sagita Grup, wayang kulit dengan Dalang Ki Puguh Prasetyo, campur sari, organ tunggal, aneka kesenian daerah, hingga puncaknya akan dimeriahkan 3.639 kembang api.

Suryandoro menjelaskan perayaan dengan 3.639 kembang api memiliki makna, yakni angka 3 dan 6 dipilih lantaran jika kedua angka itu ditambahkan akan menghasilkan angka 9 yang merupakan angka terbesar, sedangkan 39 merupakan usia TMII pada 20 April 2014 nanti.

Sementara itu, Suryandoro juga mengatakan bahwa tiket masuk TMII akan beranjak naik menjadi Rp25.000 per orang mulai pukul 16.00--24.00 WIB nanti. Sebelum atau setelah jam-jam tersebut, harga tiket normal senilai Rp9.000 per orang.

"Harga tiket Rp25.000 ini khusus malam tahun baru. Harganya sama dengan tahun lalu, tidak mengalami kenaikan. Tiket ini untuk membiayai pagelaran yang kami suguhkan," kata dia.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013