Jakarta (ANTARA News) - Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Mulyadi Kaharni mengatakan pihaknya menyiagakan 18 pos pengamanan baik di dalam maupun di luar kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), sepanjang malam pergantian tahun baru 2014.

"Kami bentuk pos di 18 titik lokasi. Di dalam Taman Mini Indonesia Indah ada enam pos, sedangkan 12 pos sisanya di wilayah Jakarta Timur mengarah ke Taman Mini Indonesia Indah ini," kata Mulyadi Kaharni seusai memimpin upacara pengamanan malam tahun baru di TMII, Jakarta, Selasa.

Fokus pos pengamanan akan terletak di pintu masuk utama TMII, karena di tempat wisata itu akan banyak pagelaran musik, yang diperkirakan akan membuat masyarakat Jakarta dan sekitarnya berdatangan.

Menurut Mulyadi, dengan digelarnya acara-acara oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di pusat kota, maka kemungkinan besar konsentrasi masyarakat akan terpecah ke Jakarta Pusat. Namun masyarakat Kota Depok yang kesulitan mencapai pusat akan beralih ke TMII.

"Warga Depok nanti malam mungkin kesulitan mengarah ke Jakarta Pusat karena kepadatan arus lalu lintas, dan mereka akan ke TMII. Oleh karena itu kita tetap waspada, Jakarta Timur ini pusat konsentrasi malam tahun baru di TMII," kata Mulyadi.

Berdasarkan pantauan, di TMII telah bersiaga sejumlah aparat TNI-Polri dari unsur intel berpakaian sipil, maupun berpakaian dinas dengan dilengkapi senjata pelontar peluru karet dan senapan laras panjang. Sejumlah petugas Dinas Perhubungan juga terlihat bersiaga di sekitar TMII.

"Intinya pihak aparat gabungan ingin masyarakat bisa melewatkan malam pergantian tahun baru 2014 dengan aman dan nyaman bersama keluarga. Oleh karena itu juga kami tidak akan menggelar razia kendaraan bermotor malam nanti," kata Mulyadi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013