Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Taman Impian Jaya Ancol memperkirakan sekitar 150 ribu pengunjung akan memadati kawasan wisata di wilayah Jakarta Utara itu pada perayaan Tahun Baru 1 Januari 2014.

Komunikasi Perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol Metty Yan Harahap mengatakan, perkiraan tersebut dengan catatan cuaca cerah dan tidak diguyur hujan.

"Nanti pukul 13.00 WIB, baru kita mutakhirkan kembali data pengunjung yang memadati Ancol," ujarnya.

Namun demkikan, berdasarkan pantauan, kawasan wisata Ancol mulai diselimuti cuaca mendung.

Meski, pengunjung tetap membludak mengunjungi sejumlah kawasan wisata di Ancol, terutama pantai yang membolehkan pengunjung untuk berenang seperti Beach Pool.

Salah satu pengunjung, Yadi Fitriyadi, dari Tangerang, Banten, mengatakan kawasan pantai Beach Pool dan Pantai Karnaval menjadi lokasi favorit dirinya dan keluarganya sejak beberapa tahun lalu.

"Karena anak-anak saya dan anggota keluarga lainnya paling ingin untuk bisa berenang di pantai. Maka itu, kami selalu ke tempat ini," ujar Yadi, yang membawa serta 20 anggota keluarga dan karyawannya.

Namun, ia mengeluhkan ketidaktertiban lalu lintas dan keterbatasan lahan parkir yang sepertinya menjadi masalah klasik setiap tahun, sehingga menyebabkan kemacetan padat.

"Lihat saja, tidak teratur seperti ini, harapan saya semoga cepat dibenahi fasilitasnya," ujar Yadi.

Hingga Rabu siang, ruas jalan di kawasan Ancol memang dipenuhi mobil, motor, dan bus parawisata yang mengakibatkan kemacetan cukup parah.

Selain itu, banyak pengemudi motor dan mobil yang tidak tertib dan menempatkan kendaraan mereka di bagian ruas jalan, sehingga membuat mobilitas pengunjung lainnya tersendat.

Pihak Ancol belum dapat memastikan jumlah pengunjung hingga Rabu siang ini, begitu juga dengan lokasi di Ancol yang paling banyak dipadati pengunjung.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014