Jakarta (ANTARA News) - Pengacara yang membocorkan identitas JK Rowling di balik nama pena Robert Galbraith yang menulis novel kriminal "The Cuckoo's Calling" didenda 1.000 poundsterling (sekitar Rp20 juta).

Chris Gossage, partner firma hukum Russells di London juga ditegur oleh Solicitors Regulation Authority karena melanggar aturan kerahasiaan.

Juli silam, Rowling mengajukan kasus ke pengadilan mengenai Gossage dan temannya Judith Callegari yang mengungkapkan identitas asli Rowling di Twitter sebagai Robert Galbraith penulis The Cuckoo's Calling.

Russels membayar denda yang disumbangkan untuk amal setelah pengadilan mendengar Rowling merasa "kecewa dan tertekan" dengan "kepercayaannya dikhianati".

SRA mempublikasikan keputusan mereka dalam laman resmi, "SRA memutuskan untuk memberikan teguran tertulis kepada Tuan Christopher Gossage dan denda 1.000 poundsterling."

Mereka menyatakan "mengungkapkan informasi kerahasiaan pada pihak ketiga adalah pelanggaran Gossage terhadap Aturan 4 dan 6 dari Prinsip SRA 2011 juga kegagalan menepati Kode Etik 2011 SRA 4.1."

Denda maksimal dari pelanggaran tersebut adalah 2.000 poundsterling.

Aturan 4 dari Prinsip SRA adalah "bertindak demi kepentingan terbaik klien",  sementara Aturan 6 menyatakan anggota harus menjaga kepercayaan yang telah diterima.

Novel "The Cuckoo's Calling" telah terjual 1.500 kopi dan menuai ragam komentar sebelum publik mengetahui dari The Sunday Times 14 Juli silam bahwa Rowling adalah penulis di balik novel tersebut.

Surat kabar tersebut mengatakan mereka memakai jasa pakar linguistik untuk menganalisis novel perdana tersebut. Padahal, identitas Rowling dibocorkan oleh Gossage lewat sahabat istrinya, Judith Callegari, dalam "percakapan pribadi" saat makan malam.

Ibu dari dua anak itu membocorkan info tersebut di Twitter kepada jurnalis.

Russells meminta maaf dan mengatakan bahwa meskipun Gossage menerima hukuman atas kesalahannya, percakapan pribadi itu terjadi "antara orang sangat dipercaya".

Rowling yang mengatakan ingin meluncurkan buku tanpa "ekspektasi" menerima donasi dari firma untuk The Soldiers' Charity.

Sekuel "The Cuckoo's Calling" rencananya diterbitkan tahun ini, demikian Daily Mail.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014