Banjarmasin (ANTARA News) - Puluhan rumah di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan terbakar usai perayaan malam tahun baru 2014, mengakibatkan puluhan Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.

Anggota Taruna Siaga Bencana Provinsi Kalsel, Diedin di Banjarmasin, Rabu mengatakan, kejadian musibah kebakaran itu terjadi sekitar pukul 01.00 wita, Rabu.

Akibat dari musibah kebakaran itu ada sekitar 64 rumah yang hangus terbakar dilahap si jago merah, dan warga di tempat kejadian sebagian tidak sempat menyelamatkan harta benda mereka.

Dikatakan, untuk tempat kejadian kebakaran itu terjadi di Jalan Veteran Gang Rahayu Rt 15 serta di Jalan Perikanan Rt 16 Desa Dirgahayu Kabupaten Kotabaru Kalsel.

"Kita mendapatkan data dan laporan dari pihak Taruna Siaga Bencan (Tagana) dan Dinas Sosial Kabupaten Kotabaru, untuk kebakaran tidak ada menelan korban jiwa," terangnya kepada Antara.

Untuk data yang kita dapat ada sekitar 59 kepala keluarga dan 172 jiwa yang harus kehilangan tempat tinggal dan mengungsi ke rumah tetangga atau ketempat sanak keluarganya.

Sedangkan untuk kerugian materil yang dialami warga dari musibah tersebut diperkiran sekitar lebih kurang miliaran rupiah, karena hanya sedikit harta benda yang bisa diselamatkan.

"Kita dari Tagana Dinas Sosial Provinsi Kalsel pada Rabu (1/1) sore sekitar pukul 15.30 wita telah mengirim bantuan logistik kepada korban kebakaran tersebut," ucap pria berbadan besar itu.

Bukan itu saja, pihak Tagana dan Dinas Sosial Kabupaten Kotabaru telah mendirikan dapur umum serta tenda darurat untuk membantu warga yang menajdi korban kebakaran itu.

Diedin juga mengatakan, untuk penyebab kebakaran saat ini sedang dalam penyelidikan oleh pihak yang berwajib, dan tempat kejadian sudah dipasang garis polisi.

"Kasus ini sudah ditangani oleh pihak kepolisian setempat untuk melakukan penyelidikan guna mengungkap penyebab kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah warga itu," tutur Diedin kepada Antara.(*)

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014