Jakarta (ANTARA News) - Keluarga astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) memprotes penggunaan sampel rekaman pesawat antariksa Challenger dalam lagu Beyonce yang berjudul "XO".

Single "XO" dibuka dengan sebuah peringatan, sampel rekaman mantan pejabat hubungan masyarakat NASA Steve Nesbitt yang mengatakan "Flight controllers here looking very carefully at the situation. Obviously a major malfunction".

Sampel itu diambil dari rekaman audio pesawat Challenger yang mengalami kecelakaan hingga menewaskan tujuh awaknya tahun 1986.

Keluarga astronot NASA keberatan sampel rekaman tersebut digunakan dalam sebuah lagu pop.

"Kami kecewa mengetahui rekaman dari hari ketika kami kehilangan awak Challenger ada di lagu 'XO'," kata June Scobee Rodgers, janda komandan Challenger Dick Scobee, kepada ABC.

"Peristiwa yang dimasukkan ke dalam lagu itu secara emosional sangat sulit bagi keluarga, kolega, dan teman Challenger. Kami selalu memilih tidak fokus pada bagaimana kami kehilangan orang yang kami cintai, tapi lebih pada bagaimana mereka hidup dan kenangan semasa mereka hidup," katanya seperti dilansir laman LA Times.

Keith Cowing, bekas pekerja NASA yang mengoperasikan laman NASA Watch, juga mengkritik penggunaan sampel rekaman tersebut.

"Pilihan itu hanya sedikit berbeda dengan mengambil ucapan Walter Cronkite kepada penonton untuk mengumumkan kematian Presiden Kennedy atau panggilan 911 dari serangan World Trade Center lalu menggunakannya di lagu pop," katanya.

Dalam pernyataan kepada ABC, Beyonce menanggapi keberatan itu dengan menyampaikan alasan dia, juga produser dan penulis lagu Ryan Tedder dan The Dream, menggunakan sampel rekaman itu.

"Saya berbela sungkawa untuk keluarga peristiwa Challenger. Lagu 'XO' direkam dengan niat baik untuk membantu memulihkan mereka yang kehilangan orang-orang yang disayangi dan mengingatkan kita bahwa hal-hal tidak terduga terjadi. Jadi, cintai dan hargai lah tiap menit bersama orang-orang yang berarti bagi kalian," kata Beyonce.

"Penulis memasukkan rekaman sebagai bentuk penghargaan kepada kru Challenger dengan harapan mereka tidak akan pernah dilupakan."


Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014