Paris (ANTARA News) - Suku bunga pinjaman untuk Spanyol dan Italia turun di bawah 4,0 persen pada Kamis, dalam sebuah awal tahun yang menggembirakan bagi negara-negara yang ekonominya masih dianggap memiliki tautan terlemah di zona euro.

Dalam perdagangan sore, surat utang 10-tahun Italia merosot menjadi 3,984 persen dari 4,125 persen, di bawah empat persen untuk pertama kalinya sejak Mei tahun lalu.

Sementara obligasi 10-tahun Spanyol turun menjadi 3,994 persen dari 4,151 persen pada Selasa (31/12), merosot di bawah angka empat persen untuk pertama kalinya sejak 11 Desember.

Para investor memborong surat utang dari Spanyol dan Italia setelah sebuah survei mengatakan aktivitas bisnis di zona euro mencatat pertumbuhan terkuat dalam 31 bulan, sebuah tanda baru pemulihan.

Di semua blok mata uang, data terbaru menunjukkan peningkatan

produksi sekitar satu persen pada kuartal terakhir 2013.

Imbal hasil obligasi pada Kamis jauh lebih rendah dari suku bunga pinjaman enam persen dan lebih dari pencapaian pada kondisi terburuk dari krisis utang zona euro, ketika para investor mengkhawatirkan blok mata uang itu akan bubar, demikian AFP.

(A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014