Amsterdam (ANTARA News) - Misi untuk menempatkan manusia di Planet Mars yang menarik minat 200.000 pendaftar telah memilih lebih dari 1.000 orang di antaranya untuk menjalani tes seleksi guna menentukan 24 calon penghuni planet merah.

Sebanyak 1.058 kandidat yang lolos seleksi tahap pertama berasal dari seluruh bagian dunia dengan jumlah terbanyak saat ini adalah 297 orang dari Amerika, 75 orang dari Kanada dan 62 orang dari India.

"Tantangan dari 200.000 kandidat adalah memilah mana yang kami rasa memiliki fisik dan mental yang sesuai untuk menjadi duta manusia di Mars dari orang-orang yang tidak menganggap ini sebagai hal serius," kata co-founder Bas Lansdorp seperti dilansir kantor berita Reuters.

Mereka sekarang harus menjalani tes ketat, termasuk simulasi kehidupan di Mars dan bertahan di isolasi, kata Lansdorp.

Proyek Mars One dirancang tahun 2011 oleh dua pria Belanda dengan tujuan membangun kehidupan manusia permanen di Mars pada 2025.

Mereka berharap bisa mendapatkan pendanaan proyek dari para investor dan hak siar dokumenter televisi yang menayangkan tes, pelatihan, dan seleksi akhir calon penghuni Mars.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014