...kami tidak akan mentolerir kegiatan tersebut tanpa kompensasi yang adil untuk menggunakan kekayaan intelektual kami...
Toronto, Kanada (ANTARA News) - BlackBerry Ltd mengatakan pada Jumat bahwa pihaknya telah mengajukan gugatan terhadap sebuah perusahaan yang didirikan oleh pembawa acara "American Idol", Ryan Seacrest yang menawarkan produk keyboard fisik yang dapat ditempelkan ke beberapa tipe iPhone 5 layar sentuh buatan Apple Inc.

Perusahaan tersebut, Typo Produk LLC, yang saat ini sedang menerima pre-order untuk keyboard berharga 99 dolar AS itu, memiliki papan ketik miniatur berbentuk miring serupa dengan yang digunakan pada banyak perangkat BlackBerry, seperti yang dilansir dari HuffingtonPost.

BlackBerry Kanada, pembuat smartphone yang pernah mendominasi pasar namun kini telah kehilangan pangsa pasar dari iPhone dan perangkat layar sentuh lainnya, mengatakan keyboard Typo melanggar desain mereka.

Dugaan tersebut belum dibuktikan di pengadilan. Typo dan Seacrest tidak dapat dihubungi untuk mengomentari proses hukum tersebut.

"Kami tersanjung oleh keinginan untuk mencangkokkan keyboard kami ke smartphone lainnya, tapi kami tidak akan mentolerir kegiatan tersebut tanpa kompensasi yang adil untuk menggunakan kekayaan intelektual kami dan inovasi teknologi kami," kata Steve Zipperstein, direktur hukum BlackBerry, dalam sebuah pernyataan.

BlackBerry membukukan kerugian miliaran dalam kuartal ini yang disebabkan buruknya penjualan perangkat terbaru mereka, tetapi mereka berhasil mempertahankan pelanggan setia Blackberry yang lebih memilih untuk mengetik pada keyboard fisik.

Penerjemah: Anita Permata Dewi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014