Jakarta (ANTARA News) - Kendaraan hias Indonesia meraih Directors Trophy dalam acara parade bunga Tournament of Roses (TOR) di Pasadena, California, Amerika Serikat.

Kendaraan hias Indonesia yang bertema "Wonderful Indonesia Paradise on Earth" dinilai menunjukkan keahlian presentasi desain dan floral luar biasa dalam parade bunga yang berlangsung 1 Januari 2014 tersebut.

Menurut siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Sabtu, dalam TOR ke-125 tersebut Indonesia menampilkan desain komodo dan keindahan daerah Derawan di Kalimantan Timur serta atraksi para penari dari daerah itu.

Dalam parade yang diikuti oleh berbagai instansi dari seluruh negara bagian Amerika Serikat dan beberapa negara dunia itu, kendaraan hias Indonesia yang berukuran panjang 18,3 meter dan lebar 6,7 meter berada pada urutan 59 dari 90 peserta.

Tahun 2012 dan 2013 Indonesia juga mengikuti ajang itu dan mendapat Presidents Trophy, penghargaan tertinggi bagi peserta non-komersial untuk kategori peserta dengan penggunaan bunga paling efektif dengan presentasi yang baik.

Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Esthy Reko Astuty mengatakan partisipasi Indonesia dalam acara TOR 2014 penting untuk promosi pariwisata Indonesia di Amerika Serikat.

"Amerika Serikat dengan jumlah penduduk 313,8 juta merupakan pasar potensial dan sangat strategis untuk dilakukan promosi pariwisata, karena kontribusinya terhadap kunjungan wisman ke tanah air cukup besar, dan dari tahun ke tahun meningkat," kata Esthy.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014