Jalan poros yang menghubungkan Mamuju ke Mamasa, terputus sejak dua hari terakhir. Akibatnya jalur strategis yang menghubungkan dua wilayah tak bisa dilewati kendaraan,"
Mamuju (ANTARA News) - Jalan poros provinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Mamuju ke Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, terputus sehingga menghambat arus transportasi di wilayah itu.

"Jalan poros yang menghubungkan Mamuju ke Mamasa, terputus sejak dua hari terakhir. Akibatnya jalur strategis yang menghubungkan dua wilayah tak bisa dilewati kendaraan," kata Rodi salah seorang warga Desa Mambi di Mamuju, Sabtu.

Menurutnya, jalan poros yang terputus terdapat di daerah Kondoruba, Kecamatan Mambi atau sekitar 50 kilometer dari arah timur kota Mamasa.

"Jalur ini salah satu jalan strategis karena bisa menghemat waktu bagi masyarakat Mamasa jika hendak ke Mamuju dibandingkan bila melintasi poros Mamasa ke Kabupaten Polewali," katanya.

Rodi menyampaikan jalan poros di daerah Kondoruba ini terputus setelah jalan amblas saat alat berat melintasi jalur tersebut.

"Alat berat yang melintasi daerah itu nyaris terjatuh ke tepi jurang yang dalam akibat jalan amblas," ujar Rodi yang juga kepala SMK Mamasa ini.

Semenjak jalan poros amblas, kata dia, para pengguna jalan yang hendak ke Mamuju terpaksa melewati jalur poros Mamasa-Polewali walaupun harus membutuhkan jarak tempuh yang panjang.

Karena itu, kata dia, pemerintah provinsi diharapkan segera turun tangan untuk mengatasi jalan yang amblas di daerah Kondoruba.

"Kondisi tanah di daerah Kodoruba sangat labil sehingga mudah amblas. Saya kira butuh penanganan secara khusus agar pembangunan jalan itu mampu bertahan lama," ucapnya.(*)

Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014