London (ANTARA News) - Arsenal melaju ke babak empat Piala FA setelah mengalahkan seterunya Tottenham Hotspur 2-0 di Emirates Stadium dini hari lalu dan sekaligus mengantarkan Tim Sherwood menelan kekalahkan pertamanya sejak menjadi manajer permanen Spurs bulan lalu.

Sebuah tusukan dari Santi Cazorla pada menit 31 dan gol kedua dari Tomas Rosicky pada menit 62 menyusul kesalahan bek Danny Rose yang kehilangan kontrol bola yang dicuri Rosicky, mengamankan tempat Arsenal di babak 32 Besar.

Gol Rosicky sepertinya telah mengakhiri pertandingan setelah dia berlari seorang diri untuk mengakhirinya dengan tendangan di atas kiper Hugo Lloris yang sudah terperdaya.

Arsenal mempertahankan keunggulan kendati harus bermain dengan 10 orang pada menit-menit terakhir setelah Theo Walcott ditandu keluar akibat cedera lutut dan Arsene Wenger tak bisa menggantinya karena telah menggunakan seluruh jatah penggantian pemain.

Walcott yang menjadi ujung tombak permainan menyerang Arsenal setelah absennya dua striker Olivier Giroud dan Nicklas Bendtner, terlibat insiden paling kontroversial dalam pertandingan ini ketika dia berada di luar lapangan.

Pemuncak Liga Premier yang memburu trofi pertamanya dalam sembilan musim sejak menjuarai Piala FA pada 2005, tampil lebih baik dalam derby panas kota London itu, kendati tak diperkuat dua strikernya Olivier Giroud dan Nicklas Bendtner, serta gelandang Aaron Ramsey dan bek Kieran Gibbs.

Walcott dan striker remaja asal Jerman Serge Gnabry menciptakan masalah pada jantung pertahanan Spurs yang tampak rentan setiap kali diserbu barisan depan Arsenal.

Spurs yang performanya meningkat dramatis sejak Sherwood menggantikan Andre Villas-Boas sebagai pelatih, tampil di bawah form dengan Emmanuel Adebayor yang berperan kunci dalam penampilan timnya belakangan ini dengan empat gol pada lima pertandingan, tampil buruk melawan bekas klubnya itu.

Setelah kalah 1-2 dari West Ham di Capital One (Piala Liga) ketika Sherwood masih menjadi caretaker, Spurs sudah mengemas 10 poin dari 12  selama priode libur Natal termasuk kemenangan 2-1 dari Manchester United pada pertandingan Tahun Baru, tapi mereka tak pernah tampil baik saat melawan Arsenal.

Perhatian mereka kini fokus pada finish di Empat Besar Liga Premier, dan maju dalam Liga Europa, sebaliknya hasrat Arsenal untuk kebanggaannya di liga domestik dan Liga Champions membuncah akibat kemenangan meyakinkan dari seteru beratnya tersebut, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014