Jakarta  (ANTARA News) - Beberapa iklan pada laman Yahoo Inc di Eropa pekan lalu menyebarkan software berbahaya yang berpotensi menjalari ribuan pengguna Yahoo, kata Yahoo seperti dikutip Reuters.

Jumat pekan lalu, Fox-IT, perusahaan keamanan komputer berbasis di Delft, Belanda, menulis di sebuah blog bahwa para penyerang telah memasukkan iklan-iklan bermuatan virus jahat pada ads.yahoo.com.

Minggu waktu AS, juru bicara Yahoo mengumumkan, "Pada Jumat 3 Januari di situs-situs Eropa kami, kami kemasukan iklan-iklan yang tidak memenuhi panduan editorial kami, secara khusus iklan-iklan itu menyebarkan malware."
 
Yahoo mengatakan telah membuang iklan-iklan itu dan bahwa pengguna komputer Mac dan perangkat mobil tak terpengaruh oleh serangan ini.

Malware adalah software yang digunakan untuk mengacaukan operasi komputer, mengumpulkan informasi sensitif, atau mendapatkan akses ke sistem komputer pribadi.

Fox-IT memperkirakan bahwa Jumat itu malware telah disebarkan ke 300.000 pengguna setiap jam, sehingga menginfeksi 27.000 komputer per jam. Negara-negara yang terpapar virus komputer ini adalah Rumania, Inggris dan Prancis.

"Tidak jelas kelompok mana yang berada di balik serangan ini, namun para penyerang jelas didorong oleh motif uang dan sepertinya menawarkan jasa ke pelaku-pelaku lain," tulis Fox-IT pada 2 Januari dalam posting sebuah blog.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014