Lintasan sepanjang 180 kilometer itu amat baik untuk kendaraan
San Luis, Argentina (ANTARA News) - Pereli dari Portugal Carlos Sousa, mengendarai Haval, tampil tercepat pada hari pertama Reli Dakar ke-35, Minggu, sementara juara dua kali Stephane Peterhansel kehilangan waktu karena mengalami pecah ban.

Sousa mengakhiri lomba sepanjang 180 kilometer dari Rosario ke San Luis dalam waktu dua jam 20 menit 36 detik, sedangkan pereli dari Argentina, Orlando Terranova yang memacu Mini, terpaut 11 detik di belakang dan temannya yang menggenjot Mini - juara 2011 dari Qatar Nasser Al-Attiyah, di urutan ketiga, terpaut 47 detik.

Pereli dari Prancis, Peterhansel, di atas Mini ketiga, dan sedang mengincar gelar ke-12 overall (setelah meraih enam gelar sepeda motor dan lima mobil), mengalami pecah ban dan berada di urutan keenam, terpaut empat menit 21 detik di belakang Sousa.

"Ini hari baik saya. Lintasan amat indah dan tidak banyak risikonya. Saya mengejar Stephane Peterhansel dan meninggalkannya. Saya kira kami mengalami hal terbaik hari ini," kata Al-Attiyah seperti dikutip AFP.

Pereli yang mengendarai Honda Joan Barreda mencatat waktu dua jam 25 menit 31 detik dan tampil tercepat di atas sepeda motor disusul saingannya dari negara sama Spanyol Marc Coma, di atas KTM, terpaut 37 detik di belakang.

Pereli dari Prancis, Cyril Despres, juara bertahan dan sedang berusaha mendapatkan gelar keenam dalam karirnya, berada di urutan ketiga dengan pautan waktu satu menit 40 detik dari pereli tercepat.

"Saya benar-benar gembira dengan hasil hari pertama ini. Pada awal lomba saya mengalami masalah pada suspensi kendaraan saya, tetapi setelah itu segala sesuatunya terasa bagus," kata Barreda.

Despres, juara 2005, 2007, 2010, 2012 dan 2013, mengatakan ia agak tersendat ketika memacu Yamaha yang dikendarainya, setelah beralih dari tim KTM pada awal tahun ini.

"Lintasan sepanjang 180 kilometer itu amat baik untuk kendaraan. Saya beberapa kali berhasil melewatinya dan saya gembira," katanya.

Reli Dakar tahun ini diikuti 431 kendaraan terdiri atas mobil, sepeda motor, truk, yang melintasi Argentina, Bolivia dan Chile.

Perlombaan tahapan kedua Reli Dakar 2014, Senin, akan berlangsung dalam 400 kilometer dari San Luis ke San Rafael.

(A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014