Brisbane, Australia (ANTARA News) - Ribuan rumah masih belum memperoleh listrik setelah topan kuat pada Senin (6/1) menerjang Queensland Tenggara, Australia, demikian laporan media setempat pada Selasa.

Topan tersebut memasuki bagian tenggara Queensland pada Senin sore, dan membawa hujan lebat serta angin dengan kecepatan sampai 100 kilometer per jam.

Perusahaan distribusi energi listrik yang berpusat di Brisbane Energex mengatakan topan tersebut memutuskan kabel listrik di 120 lokasi dan awak perbaikan telah memulihkan pasokan listrik untuk lebih dari 85.000 properti.

Energex mengatakan perusahaan itu sedang berusaha memulihkan pasokan listrik ke sebanyak 4.100 rumah lagi yang masih belum memperoleh listrik.

Sebanyak 40.000 sambaran petir telah dicatat sejak Senin sore, dan seorang perempuan di Logan dibawa ke rumah sakit setelah disambar petir.

Biro Meteorologi menyatakan curah hujan sebanyak 80 milimeter mengguyur Slacks Creek, sebelah selatan Brisbane, di Queensland selama setengah jam, demikian laporan Xinhua.

Namun, hujan paling lembat mengguyur West Bellthorpe, pedalaman Sunshine Coast, tempat curah hujan 100mm telah turun.

Atap dua bangunan tercabik di Kota Kecil Grantham di Lockyer Valley dan beberapa gudang pertanian rusak.

Wali Kota Lockyer Valley Steve Jones mengatakan banjir bandang terjadi di daerah dataran rendah Gatton dan Forest Hill.

"Tentu saja (ada) kerusakan besar pada properti; juga terjadi kerusakan pada pertanian," kata Jones kepada Australian Broadcasting Corporation.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014