Itu sebagai program jangka pendek kami yaitu mengirim atlet ke Olimpiade di Norwegia nanti
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) akan mengirim atlet untuk ikut berkompetisi pada Olimpiade Catur 2014 di Tromso, Norwegia pada 1 - 14 Agustus mendatang.

"Itu sebagai program jangka pendek kami yaitu mengirim atlet ke Olimpiade di Norwegia nanti," kata Ketua Umum PB Percasi Hashim Djojohadikusumo seusai acara pelantikan pengurus PB Percasi periode 2013 - 2017 di gedung Serba Guna, KONI Pusat, Jakarta, Rabu.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

Hashim kembali memimpin induk organisasi olahraga catur itu, setelah dia sebagai calon tunggal dan terpilih secara aklamasi dan sekaligus mempertahankan kedudukannya sebagai Ketua Umum melalui Munas PB Percasi yang berlangsung tahun lalu di Jakarta.

Selain itu, katanya, program jangka pendek lainnya adalah mencetak lebih banyak pecatur Indonesia meraih gelar grandmaster.

"Indonesia dengan penduduk yang begini banyak, saya rasa masih kurang memiliki pecatur bergelar grandmaster, dan itu bisa lebih diperbanyak lagi melalui pembinaan pecatur muda yang terus kami ikutkan dalam kompetisi internasional, tambahnya.

Sedangkan program jangka panjang menurutnya adalah memunculkan pecatur yang benar-benar tangguh, melalui peningkatan gizi dan nutrisi bagi para pecatur usia dini, yang nantinya bakal menggantikan para pecatur senior.

"Gizi dan nutrisi sangat penting bagi para pecatur, mereka harus mengkonsumsi itu untuk menjadikan mereka cerdas dan memiliki stamina yang kuat," katanya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Pusat mengatakan, dirinya sangat apresiasi kepada prestasi catur pada SEA Games 2013 Myanmar.

"Meskipun secara keseluruhan prestasi olahraga Indonesia kurang menggembirakan di Myanmar, tapi saya salut kepada catur yang telah mampu menggondol lima medali emas," kata Tono Suratman.

Pada kepengurusan PB Percasi periode 2013 - 2017, Hashim dibantu oleh empat wakilnya masing-masing GM Utut Adianto, Rusdi Taher, Vickner Sinaga dan Henry Hendratno serta sekjen Arif Budimanta dan bendahara Ita Gayatri, selain beberapa ketua bidang dan komisi.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014