Saya berharap anak-anak tidak terbebani target harus menang di laga perdana...
Surabaya (ANTARA News) - Tim putri Gresik Petrokimia siap tampil ngotot untuk mengejar kemenangan pada seri pembuka kompetisi bola voli Proliga 2014 di GOR Remaja Pekanbaru, Riau, 10-12 Januari.

Pelatih Gresik Petrokimia Mashudi ketika dihubungi wartawan di Surabaya, Rabu, mengakui pertandingan pertama biasanya tidak mudah, karena masing-masing tim belum mengetahui kekuatan lawan dan masih saling menjajaki.

"Harapan saya, anak-anak bisa langsung menyatu dan tampil solid, karena persiapan mereka sudah cukup maksimal," kata Mashudi sesaat sebelum bertolak menuju Pekanbaru dari Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Dari jadwal yang dirilis penyelenggara Proliga, Gresik Petrokimia akan menjalani dua pertandingan di seri pertama ini, masing-masing melawan finalis musim lalu Manokwari Valeria Papua Barat pada Jumat (10/1) dan tim pendatang baru Jakarta Pertamina Energi, Minggu (12/1).

Rombongan Gresik Petrokimia berangkat menuju Pekanbaru dengan kekuatan 12 pemain, termasuk satu pemain asal Kuba, Yaremis Mendaro Leyva, yang berposisi open spike. Sedangkan satu pemain asing lain yang juga asal Kuba, dijadwalkan baru bergabung pada seri kedua.

"Kami sudah mengantongi kekuatan calon lawan, terutama Jakarta Pertamina yang banyak diperkuat pemain timnas Indonesia dan juga pemain asing asal Thailand. Kalau bisa, dua pertandingan itu diambil semua, meskipun sangat tidak mudah," ujar Mashudi.

Pelatih yang sukses mengantar tim putra Palembang Bank Sumsel Babel menjuarai Proliga 2011 dan 2013 itu, menambahkan beberapa pemain Jakarta Pertamina merupakan anak asuhnya di klub Surabaya Bank Jatim, seperti Amalia Fajrina, Maya Kurnia Indri dan Titi Asih Pangestuti.

Sedangkan Manokwari Valeria yang menjadi finalis musim 2013, menurut Mashudi, kali ini mengalami banyak perubahan pada komposisi pemain dan patut diwaspadai.

"Saya berharap anak-anak tidak terbebani target harus menang di laga perdana sehingga mereka bisa tampil lebih solid," tambah Mashudi.

Pada kesempatan sebelumnya, Manajer Manokwari Valeria Papua Barat, Roy Letlora, mengatakan timnya membidik kemenangan di laga perdana melawan Gresik Petrokimia sebagai bekal menghadapi laga-laga berikutnya.

Kompetisi Proliga 2014 kelompok putri akan diikuti sebanyak tujuh tim, yakni juara bertahan Jakarta PGN Popsivo, Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta Electric PLN, Gresik Petrokimia, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, dan Jakarta Bank DKI.

Sedangkan kategori putra diikuti enam tim masing-masing juara bertahan Palembang Bank Sumsel Babel, Jakarta BNI 46, Surabaya Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Electric PLN, dan Solo Bank Jateng.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014