London (ANTARA News) - Thriller ruang angkasa "Gravity" mendapat 11 nominasi BAFTA, atau terbanyak mendapat nominasi untuk anugerah film tertinggi Inggris Raya itu, sedangkan "12 Years a Slave" dan "American Hustle" menguntit di belakangnya dengan masing-masing 10 kategori.

"Gravity" yang dibintangi dua bintang peraih Oscar Sandra Bullock dan aktor George Clooney ini menjadi nominasi untuk kategori-kategori bergengsi termasuk film terbaik, aktris terbaik, sutradara terbaik untuk Alfonso Cuaron, efek suara dan visual terbaik.

Nominasi BAFTA untuk "Gravity" ini menyaingi anugerah-anugerah serupa di AS yang justru memberikan banyak anugerah untuk drama perbudakan "12 Years a Slave" arahan sutradara Inggris Steve McQueen yang memimpin nominasi dalam Golden Globe 12 Januari nanti dan favorit peraih Oscar pada 2 Maret.

Aktor utamanya dari Inggris Chiwetel Ejiofor juga dinominasikan untuk meraih aktor terbaik BAFTA.

Ejiofor (36) mulai diakui luas setelah membintangi thriller tahun 2002 "Dirty Pretty Things" namun perannya dalam "12 Years a Slave" sebagai orang bebas yang terculik dan dijual ke pasar budak telah menempatkannya dalam barisan nomini peraih anugerah.

"Saya terus menjadi sangat bangga atas pengakuan untuk film ini yang didapat dari seluruh dunia. Tentunya hal yang sangat spesial menerima nominasi BAFTA dari negeri sendiri," kata Ejiofor.

Film-film lainnya yang mendapat nominasi BAFTA untuk kategori film terbaik pilihan BAFTA adalalah "American Hustle", "Captain Phillips", dan "Philomena".

Dari kelima film yang berlomba meraih kategori paling bergengsi itu hanya "Philomena" yang tak dibarengi nominasi sutradara terbaik mendampingi Cuaron, McQueen, David O. Russell dalam "American Hustle" dan Paul Greengrass pada "Captain Phillips".  Sutradara kelima yang mendapatkan nominasi itu adalah Martin Scorsese yang mengarahkan "The Wolf of Wall Street".

Yang berlomba mendapatkan anugerah aktor terbaik adalah Christian Bale dalam "American Hustle", Bruce Dern pada "Nebraska", Leonardo DiCaprio untuk "The Wolf of Wall Street" , dan Tom Hanks di "Captain Phillips".

Bintang veteran asal Inggris Judi Dench menjadi salah seorang dari lima aktris yang bersaing meraih kategori aktris terbaik. Kejutan terbesar di kategori ini adalah Amy Adams dalam "American Hustle", disusul Meryl Streep dalam "August: Osage County".

Dua aktris lainnya yang berebut anugerah aktris terbaik adalah Emma Thompson dalam "Saving Mr. Banks" dan Cate Blanchett pada komedi arahan Woody Allen "Blue Jasmine".

BAFTA terkenal setengah-setengah dalam memprediksi film mana yang meraih penghargaan tertinggi Oscar, kendati film utama di London yang mendominasi BAFTA dua tahun lalu, "The Artist" dan "Argo", menyabet penghargaan kategori film terbaik pada Academy Awards.

Seremoni BAFTA yang resminya bernama EE British Academy Film Award, berlangsung di London 16 Februari mendatang, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014