Jambi (ANTARA News) - Anggota DPD RI Juniwati T Masjchun Sofwan, Rabu, mengatakan, Jambi sebagai sebuah provinsi yang besar harus mandiri dalam segala hal termasuk mandiri dari ketergantungan listrik dari provinsi lain.

Dia mengatakan, persoalan kemandirian listrik ini menjadi salah satu persoalan yang akan dibahas di tingkat DPD dengan menghadirkan Mentri BUMN Dahlan Iskan di Jakarta.

"Dalam waktu dekat ini kami akan bertemu Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait status listrik (PLN) Jambi yang masih tergantungan dengan provinsi tetangga," kata Juniwati, usai pertemuan dengan Wali Kota Jambi Sy Fasha di Jambi, Rabu.

Kata Juniawati, ketergantungan listrik dengan provinsi tetangga itu memang agak menyulitkan, apalagi semua kegiatan harus meminta izin terlebih dahulu kepada provinsi itu.

"Soal listrik itu memang sudah harus misah dari provinsi tetangga. Kitakan sudah provinsi besar, masa harus numpang juga sama provinsi tetangga," kata Juniawati lagi.

"Pokoknya apapun masalah yang saya dapatkan di Jambi akan saya utarakan dan sampaikan kepada yang berwenang," sebutnya lagi.

Juniawati mengatakan, dirinya juga sudah bertemu dan membicarakan soal PLN ini bersama Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA).

Dalam pertemuan itu, ucap Juniwati, HBA juga berharap persoalan ini bisa diselesaikan oleh DPD RI perwakilan dari Jambi.

"Insya Allah saya akan sampaikan semuanya kepusat. Doakan saja supaya bisa terlealisasi," sebutnya.

Wali kota Jambi, Sy Fasha, mengatakan, pihaknya berharap DPD RI perwakilan Jambi ini bisa membawa semua permasalahan yang terdapat di Jambi di Jakarta dan bisa terselesaikan.

Sebelumnya Gubernur Jambi, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Jambi serta pihak PLN area Jambi sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat agar menyetujui pemecahan PLN area Jambi dari Sumatera Selatan dan Sumatera Barat, karena selama ini PLN Jambi masih menginduk pada dua provinsi itu.(*)

Pewarta: Nurul Fahmy
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014