Kewaspadaan ini tidak hanya khusus untuk petugas keamanan saja, akan tetapi semua masyarakat saya kira juga harus lebih waspada juga."
Bangkalan (ANTARA News) - Petugas Polres Bangkalan, Jawa Timur, melakukan patroli ke semua anjungan tunai mandiri di wilayah itu, Kamis, menyusul kasus ledakan ATM Bank Madiri di Karangploso, Malang, Kamis dini hari.

"Selain melakukan patroli ke berbagai ATM di Bangkalan, kami juga memberikan imbauan kepada Satpam yang menjaga ATM agar hati-hati dan waspada, serta segera melaporkan ke polisi apabila ditemukan ada hal-hal yang mencurigakan," kata Kapolres Bangkalan AKBP Sulistijono kepada Antara, Kamis malam.

Kapolres menjelaskan, Polres Bangkalan memang tidak melakukan kegiatan khusus seperti melakukan penjagaan ATM ektra ketat, karena pihaknya yakin, Bangkalan aman dari ancaman terorisme.

Kendatipun demikian, kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan, mengingat potensi kejahatan dan berbagai tindak pidana kriminal lainnya bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

"Kewaspadaan ini tidak hanya khusus untuk petugas keamanan saja, akan tetapi semua masyarakat saya kira juga harus lebih waspada juga," kata Kapolres.

Sebuah anjungan tunai mandiri Bank Mandiri di Jalan Kertanegara, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis dini hari meledak.

Kerasnya ledakan menyebabkan bilik ATM itu luluh lantak karena kaca bilik berhamburan hingga jarak sekitar 20 meter dari lokasi, bahkan sebagian serpihan kaca memenuhi ruko dan sebuah rumah makan yang tidak jauh dari lokasi.

Meski kaca bilik luluh lantak, mesin ATM yang ada di dalamnya masih tetap utuh. Ledakan terjadi sekitar pukul 02.30 WIB dini hari dan lokasi ledakan kini sudah diamankan puluhan personel dari unsur polisi maupun TNI.

Sebanyak empat saksi sudah dimintai keterangan. Penyebab ledakan sendiri kini masih belum diketahui karena masih dilakukan penyelidikan.

Puluhan polisi dikerahkan untuk menyisir lokasi ledakan hingga radius sekitar 20 meter di kawasan pertokoan dan rumah makan serta area persawahan yang radiusnya mencapai 50 meter. Setiap benda yang mencurigakan ditandai dengan lingkaran kapur.

Dari penyisiran tersebut, nampak ada empat bekas jari di bagian bawah kiri mesin ATM dan petugas menandai sidik jari tersebut dalam lingkaran.

Penyelidikan di lokasi ledakan dilakukan oleh gegana dan Puslabfor Polda Jatim. Dan, sekarang sedang dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Untuk melakukan olah TKP, Jalan Kertanegara Karangploso yang menjadi jalur alternatif kendaraan dari arah Surabaya atau Kota Malang menuju arah Kota Batu ditutup sementara. (ZIZ/N002)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014