Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menetapkan pelatih-pelatih yang akan menangani Pelatnas Cipayung 2014 setelah sebelumnya menetapkan atlet yang akan digembleng dalam kepelatihan nasional itu.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rexy Mainaky di Jakarta Jumat mengatakan, ada 19 pelatih yang akan mengembleng atlet-atlet potensial Indonesia dalam satu tahun kedepan. Pelatih yang ditunjuk ini nantinya akan mengawal Pelatnas atlet prestasi dan potensi.

"Menyusun nama-nama pelatih memang tidak semudah memilih pemain, makanya dibutuhkan waktu yang agak lama. Pelatih yang telah terpilih sudah kami evaluasi dan akhirnya kami membuat rotasi pelatih berdasarkan capability pelatih tersebut," kata Rexy Mainaky pada laman resmi PBSI.

Menurut dia, struktur pelatih yang diumumkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing nomor mulai dari tunggal putra dan putri, ganda putra, dan putri serta untuk pelatih ganda campuran.

Pernyataan Rexy Mainaky dipertegas oleh Kasubid Pelatnas PBSI Ricky Soebagdja. Menurut dia, untuk menentukan nama-nama pelatih yang diharapkan mampu membawa prestasi bulutangkis Indonesia jauh lebih baik didasarkan dengan beberapa kriteria yang ditetapkan.

"Setelah berembuk dan menerima masukan yang telah digodok, kami akhirnya menentukan nama-nama pelatih. Daftar pelatih ini kami anggap sudah memenuhi kriteria. Harapannya kami bisa mencapai prestasi sesuai apa yang ditargetkan oleh PBSI," katanya.

Pebulutangkis pasangan Rexy Mainaky saat masih aktif di bulutangkis itu menjelaskan, 19 pelatih yang dipercaya untuk menangani Pelatnas Cipayung itu sudah tidak asing lagi. Bahkan, tiga nomor masih dikepalai pelatih yang sama yaitu Richard Mainaky (ganda campuran), Herry Iman Pierngadi (ganda putra), dan Joko Suprianto (tunggal putra).

Perubahan terjadi di sektor ganda putri dan tunggal putri. Nama Riony Mainaky ditunjuk sebagai pelatih ganda putri. Sebelumnya Riony merupakan pelatih tim nasional Jepang dan sekarang sudah kembali ke Tanah Air.

Sementara Marlev Mainaky kembali dipercaya untuk memimpin skuat tunggal putri. Sebelumnya Marlev melatih tim tunggal putra bersama Joko Supriyanto.

"Kami percaya dengan kualitas para pelatih, sudah tidak diragukan lagi. Tak hanya atlet, para pelatih pun akan dimonitor kerjanya," kata Ricky menambahkan.

Sebelumnya PP PBSI telah menetapakan atlet yang berhak menjalani Pelatnas Cipayung 2014. Tahun ini jumlah atlet yang menjalani pelatnas mengalami penyusutan demi memaksimalkan potensi yang ada. Sebelumnya jumlah atlet mencapai 83 orang sedangkan tahun ini tinggal 72 orang yang terbagi atas atlet (35 orang) dan potensi (37 orang).

Berikut daftar nama-nama pelatih Pelatnas Cipayung 2014 :

Pelatnas Prestasi
Tunggal putra : Joko Suprianto dan Didit Suluh Patria (Asisten)
Tunggal putri : Marlev Mainaky dan Sarwendah Kusumawardhani (Asisten)
Ganda putra : Herry Iman Pierngadi dan Aryono (Asisten)
Ganda putri : Riony Mainaky dan Endra Mulyajaya (Asisten)
Ganda campuran : Richard Mainaky dan Edwin Iriawan (Asisten).

Pelatih Pelatnas potensi
Tnggal putra : Imam Tohari dan Santoso (Asisten)
Tunggal putri : Bambang Supriyanto
Ganda putra : Chafidz Yusuf dan Dimas Indra Prasetyo (Asisten)
Ganda putri : Eng Hian dan Namrih Suroto (Asisten)
Ganda campuran: Nova Widianto dan Enroe Suryanto (Asisten).

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014