"Hujan disertai angin kencang ini diperkirakan akan terjadi hingga pukul 13.00 WIT,"
Ambon (ANTARA News) - Angin kencang disertai hujan deras melanda Kota Ambon, Maluku dan sekitarnya, Senin pagi.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Kifly Wakano, yang dikonfirmasi membenarkan bahwa angin kencang disertai hujan lebat tersebut terjadi karena peningkatan pembentukan awan hujan.

"Peningkatan pembentukan awan ini berdampak terhadap peningkatan curah hujan di Kota dan Pulau Ambon dengan intensitas ringan hingga sedang dan disertai angin kencang," katanya.

Menurutnya berdasarkan data BMKG, angin kencang mulai terjadi pukul 11.30 WIT di sejumlah wilayah di Kota dan Pulau Ambon diantaranya desa Alang dan Hatu, Maluku Tengah, Tawiri, Wayame, Poka, Passo dan Galala, Kota Ambon.

Kemudian di wilayah Pulau Seram Bagian Tengah yang meliputi kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat.

"Hujan disertai angin kencang ini diperkirakan akan terjadi hingga pukul 13.00 WIT," ujar Kifly.

Sehubungan dengan itu, dia mengimbau kapal-kapal, khususnya yang berukuran kecil untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca buruk akibat fenomena pembentukan awan tersebut.

"Nakhoda maupun warga hendaknya mempertimbangkan kemungkinan cuaca buruk saat akan melakukan pelayaran dengan kapal rakyat berukuran kecil, sehingga tidak menjadi korban," katanya.

Kifly menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG Cabang Pattimura guna memantau perkembangan cuaca dan setiap saat dapat disampaikan kepada masyarakat.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014