Cibinong (ANTARA News) - Kegiatan kreatif membuat "dongdang" mewarnai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kawasan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Alhamdulillah, tahun 2014 ini terdapat 27 dongdang karya beberapa warga secara bersamaan, dan ini bertujuan untuk mengeluarkan kreativitas dan kekompakan warga," kata Wakil Ketua Peringatan Maulid Nabi Muhammad Masjid Al-Azis, Desa Dramaga RT01/RW 06, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Deden disela-sela acara itu.

"Dongdang" adalah tempat/wadah yang secara tradisional dipakai untuk tempat makanan, yang ditambahkan peralatan shalat karya warga di Kabupaten Bogor.

Ia menjelaskan kreativitas dalam pembuatan "dongdang" itu murni dari swadaya masyarakat.

Bahkan, ada yang sudah menabung lama untuk membuat "dongdang" tersebut.

Warga, katanya, sangat antusias membuat "dongdang" dengan kreasi mereka masing-masing di mana isi "dongdang" tersebut kemudian dibagikan kepada warga yang kurang mampu dan masyarakat sekitar yang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Menurut salah satu warga Purwa Gumilar, masyarakat antusias mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bahkan dirinya rela tidak tidur untuk membuat "dongdang", apalagi isinya, yang berupa makanan dibagikan kepada warga yang kurang mampu untuk berbagi kesenangan.

"Setiap tahun saya selalu mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW karena harus kita jaga, karena bila bukan kita yang menjaga siapa lagi," katanya.

Sebanyak 27 "dongdang" itu dibawa secara iring-iringan ke sekitar masjid untuk dibagikan kepada warga yang hadir dan menyaksikan iring-iringan "dongdang" tersebut.

Menurut Deden, peringatan maulid itu harus dijaga karena untuk menjaga keimanan dan ketakwaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

Apalagi, kata dia, di beberapa tempat peringatan ini sudah mulai pudar dan malahan tidak diperingati sama sekali.

"Kegiatan ini untuk menjaga silaturahmi antarwarga dan juga menjaga tradisi peringatan maulid di desa kami agar tidak menghilang terbawa arus globalisasi yang sudah mengancam pada zaman sekarang," katanya.

Selain kreasi membuat "dongdang" peringatan maulid itu juga diisi zikir dan shalawat.

(A035/N005)

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014