Melbourne (ANTARA News) - Unggulan teratas Rafael Nadal melaju ke putaran kedua Australia Terbuka setelah harapan tuan rumah, Bernard Tomic, mengundurkan diri karena cedera setelah set pertama pada Selasa.

Petenis Spanyol itu memenangi set pembuka 6-4 sebelum Tomic mengajukan pengunduran diri karena cedera paha, yang mendapat cemoohan dari para penonton.

Tomic terlihat tidak nyaman dengan cederanya itu dan mendapat perawatan di pinggir lapangan sepanjang set dari fisioterapis.

Meski demikian Tomic, petenis peringkat 57 dunia, sempat meladeni permainan petenis peringkat satu dunia asal Spanyol itu sampai servenya dipatahkan pada game kesembilan.

Tidak lama setelah Nadal melakukan serve untuk memenangi set pembuka, Tomic mengatakan dirinya tidak dapat melanjutkan permainan dan mengundurkan diri dari pertandingan.

Pengumuman tersebut disambut dengan cemoohan dari para penonton yang memadati Rod Laver Arena.

Nadal bersimpati atas penderitaan Tomic dan bertepuk tangan saat petenis Australia itu meninggalkan lapangan.

"Saya ikut bersedih untuk Bernard dan saya berharap ia dapat segera pulih," kata Nadal.

"Saya tahu seberapa berat situasinya, sebab saya memiliki situasi yang sama beberapa tahun silam di lapangan ini, maka ini adalah yang terbaik bagi dia untuk sepanjang tahun."

"Sejak awal saya melihat ia memiliki beberapa masalah pada kakinya dan ia mampu melepaskan serve yang tidak dapat dipercaya pada beberapa game pertama...Sulit untuk mengomentari pertandingan seperti ini."

Nadal, yang absen dari Australia Terbuka tahun lalu karena cedera lutut, akan bermain melawan petenis Australia lainnya Thanasi Kokkinakis di putaran berikutnya., demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RF/D011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014