Kamis, 21 September 2017

Penggunaan internet paling banyak untuk e-mail

| 7.795 Views
Penggunaan internet paling banyak untuk e-mail
ilustrasi penggunaan internet (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)
Jakarta (ANTARA News) - Surat elektronik (e-mail) mengalahkan posisi media sosial (social media)  dalam penggunaan internet di Indonesia.

Hal tersebut merupakan hasil survei Badan Pusat Statistik bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Hasil survei terhadap pelaku industri itu diumumkan dalam acara "Profil Terkini Internet Industri Indonesia", di Jakarta, Rabu.

"Survei dilakukan Juli 2013 sampai dengan Desember 2013. Hasilnya, dari lima aktivitas tertinggi penggunaan internet, adalah untuk keperluan e-mail," ujar Kepala BPS Suryamin.

Survei dilaksanakan pada 33 Provinsi dengan 78 kabupaten/kota dan diintegrasikan dengan survei rutin BPS yang berbasis usaha yaitu sektor pariwisata (restoran dan hotel), industri besar dan sedang.

Menurut hasil survei tersebut, kegiatan pengiriman dan penerimaan e-mail mencapai 95,75 persen, sedangkan akses layanan media sosial  mencapai 61,23 persen.

Pemanfaatan tertinggi internet adalah untuk mencari berita/informasi (78,49 persen), mencari barang/jasa (77,81 persen), informasi lembaga pemerintahan (65,07 persen), sosial media (61,23 persen).

Berdasarkan hasil survei tersebut, terjadi fenomena posistif yaitu lebih dari 75 persen usaha di sektor bisnis baik di perkotaan maupun di perdesaan menggunakan komputer.

Industri pengolahan lebih beradaptasi dalam penggunaan komputer, tercermin dari tingkat persentase yang lebih tinggi dari sektor bisnis lainnya, yaitu sekitar 77,75 persen, disusul hotel (74,59 persen), dan restoran/rumah makan (68,92 persen).

Fenomena lain dari hasil survei, untuk antarprovinsi kalangan industri bahwa di Sulawesi Utara tercatat sebagai propinsi yang sudah 100 persen menggunakan komputer dan internet, peringkat kedua Kalimantan Barat (94,12 persen), di atas DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan (90,83 persen).

Sementara propinsi pengguna komputer dan internet terendah adalah Maluku Utara (40 persen).

Ketua Umum APJII, Samuel A. Pangerapan mengatakan pengguna internet di Indonesia pada tahun 2013 mencapai 71,19 juta, meningkat 13 persen dibanding tahun 2012 yang mencapai sekitar 63 juta pengguna.

"Penetrasi jumlah pengguna internet terus meningkat, saat ini mencapai 28 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 248 juta orang," katanya.

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga