Pertahanan Li memang sangat rapat, tidak mudah menembus pertahanannya
Semarang (ANTARA News) - Tunggal putri Indonesia Bellaetrix Manuputty gagal melangkah ke babak semifinal kejuaraan bulu tangkis Malaysia Terbuka Super Series Premier 2014 setelah dikalahkan unggulan pertama Li Xuerui dari China pada babak perempat final, Jumat.

Peraih medali emas SEA Games 2013 tersebut harus mengakui keunggulan pemain peringkat satu dunia Xuerui dalam waktu 34 menit dan kalah dengan dua game langsung 11-21,15-21. Dengan kekalahan ini maka skor pertemuan kedua pemain menjadi 6-0 untuk keunggulan pemain China tersebut.

"Saya dikontrol oleh lawan dan masuk dalam irama permainan dia. Saya sudah berusaha mencoba untuk bermain dengan tipe permainan saya, tetapi selalu bisa dikembalikan. Li punya ciri khas permainan reli tapi dengan tempo yang cepat, sementara saya saya kurang tahan dan kesulitan mengimbangi dia," kata Bellaetrix seperti dikutip laman PB PBSI.

"Dua pertandingan di babak sebelumnya pun tidak terlalu berat, jadi sekalinya hari ini bertemu yang berat, saya agak kaget juga," kata pemain yang kini menempati peringakt 35 dunia tersebut.

Pada putaran pertama, Bellaetrix memetik kemenangan atas rekannya Millicent Wiranto 21-10, 21-16 kemudian di putaran kedua menang atas pemain Taiwan Tai Tzu Ying dengan 23-12 11-7 setelah pemain asal Taiwan itu mengundurkan diri karena sakit demam.

"Pertahanan Li memang sangat rapat, tidak mudah menembus pertahanannya. Selain itu permainannya juga safe, jarang membuat kesalahan sendiri," katanya.

Pada babak semifinal, Li Xuerui yang peraih medali emas Olimpiade London tersebut dipastikan bertemu rekannya antara unggulan keempat Wang Yihan atau Yao Xue mengingat kedua pemain (Yihan dan Xue) saling bertemu pada babak perempat final.

Sementara itu tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto melangkah ke babak semifinal setelah mengalahkan pemain India Srikanth K dengan dua game langsung 21-10, 21-15 dalam waktu 36 menit.

Pada babak empat besar, putra mantan juara dunia Icuk Sugiarto yang menempati unggulan keempat pada kejuaraan berhadiah total 500 ribu dolar AS tersebut akan menghadapi Kenichi Tago (Jepang) yang mengalahkan unggulan kedua Chen Long dari China 21-18, 9-21, 21-10.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014