Dari sebagian lokasi itu kami mencatat ada 1.500 korban banjir yang kita evakuasi ke pengungsian."
Bekasi (ANTARA News) - Dinas Sosial Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat bahwa sedikit-dikitnya 20 permukiman warga di wilayah setempat kebanjiran sejak Jumat hingga Sabtu ini.

"Banjir kali ini adalah yang kedua kalinya terjadi sepanjang Januari 2014," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Bekasi, Agus Dharma, di Bekasi, Sabtu.

Menurut dia, lokasi banjir kali ini bertambah satu bila dibandingkan pada banjir sebelumnya Minggu (12/1) yang hanya 19 lokasi.

"Penambahan titik pada banjir kali ini berada di Kelurahan Bintaraja, Kecamatan Bekasi Barat. Sisanya masih sama dengan banjir sebelumnya," katanya.

Dinas Sosial Kota Bekasi mencatat lokasi banjir di Kecamatan Jatiasih meliputi Jatiluhur, Jatirasa, Jatikramat, Jatimekar; Kecamatan Bekasi Selatan, Jakasetia, Pekayonjaya, Margajaya, Kayuringin, Kecamatan Bekasi Timur, Margahayu, Arenjaya. Kecamatan Bekasi Utara, Telukpucung, Kaliabang Tengah.

Selain itu, Kecamatan Rawalumbu meliputi Sepanjangjaya, Pengasinan, Kecamatan Medansatria, Kalibaru di Kecamatan Bekasi Barat, Kranji, Kota Baru, Bintarajaya, Kecamatan Pondokgede, Jaticempaka, Jatbening Baru.

"Dari sebagian lokasi itu kami mencatat ada 1.500 korban banjir yang kita evakuasi ke pengungsian," katanya.

Dikatakan Agus, ketinggian air di masing-masing lokasi tersebut bervariasi antara 60 centimeter hingga 150 centimeter pada lokasi terparah.

Agus menambahkan, lokasi banjir didominasi permukiman penduduk yang saluran airnya rusak serta berada di lokasi cekungan.

"Kalau permukiman di sekitar bantaran Kali Bekasi relatif masih aman," ujarnya. (*)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014