Semarang (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto gagal merebut gelar juara pada kejuaraan bulu tangkis Maybank Malaysia Open 2014 setelah dikalahkan unggulan pertama Lee Chong Wei pada partai final di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu.

Tommy Sugiarto yang menempati unggulan keempat pada kejuaraan berhadiah total 500 ribu dolar Amerika Serikat itu, menyerah dua gim dari pemain tuan rumah yang berperingkat satu dunia dengan skor 19-21,9-21 dalam waktu 47 menit.

Dengan kekalahan ini, Tommy Sugiarto gagal memperkecil kekalahan atas pemain Malaysia tersebut, karena pada delapan pertemuan sebelumnya belum pernah menang.

Tommy mengawali game pertama dengan baik, serobotan dan serangan-serangan Chong Wei mampu dikembalikan dengan baik. Bahkan Tommy sempat memimpin perolehan angka 8-4 dan 11-9, setelah salah satu smesnya salah diantisipasi lawan.

Ketika Chong Wei mampu menyamakan kedudukan menjadi 19-19, smes-smes tajam Chong Wei sulit dijangkau Tommy.

Pada game kedua, pemain Malaysia itu benar-benar menguasai Tommy. Tertinggal 2-4, Chong Wei balik membuat Tommy tak berkutik dan meraih 10 angka berturut-turut dan mengunci perolehan angka Tommy dengan kedudukan 14-4.

Hampir semua bola-bola yang diarahkan Tommy mampu dikembalikan dengan baik oleh Chong Wei. Sebaliknya Tommy kesulitan menghadapi serangan-serangan lawan yang diarahkan ke area pertahanannya.

"Sulit sekali mau menambah poin pada game kedua. Saya tidak bisa mengatasi serangan-serangan Chong Wei dan sepertinya dia bisa membaca permainan saya, tidak seperti game pertama," kata Tommy seperti dikutip dari laman PB PBSI.

Pada kejuaraan bulu tangkis ini, China berhasil meraih tiga gelar juara yaitu dari tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Sedangkan tuan rumah Malaysia meraih dua gelar dari tunggal putra dan ganda putra.

Pada nomor tunggal putri, pemain peringkat satu dunia Li Xuerui dari China menjadi yang terbaik setelah mengalahkan rekannya Wang Shixian 21-16,21-17, ganda putri psangan Bao Yixin/Tan Jinhua (China) yang diunggulkan di tempat kelima mengalahkan unggulan ketiga Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) dengan skor 21-19,14-21,21-13.

Pada ganda campuran, pasangan Xu Chen/Ma Jin yang menempati unggulan keempat mengalahkan unggulan ketiga dari Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen 21-11,17-21,21-13.

Tuan rumah Malaysia selain meraih gelar dari tunggal putra juga meraih gelar dari ganda putra setelah pasangan Goh V Shem/Lim Khim Wah yang tidak diunggulkan berhasil menghentikan perlawanan pasangan China Chai Biao/Hong Wei dengan dua game langsung 21-19,21-18.(*)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014