... Rangda dan barong sangat unik bagi mereka, selalu menjadi hal yang ditanyakan mereka... "
London (ANTARA News) - Kehadiran rangda dan barong memiliki daya magis tersendiri dan mampu menarik perhatian pengunjung pameran pariwisata terbesar di kawasan Eropa Utara, Matka 2014 Nordic Travel Fair, di Helsinki.

Kepala Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI di Helsinki, Made P Sentanajaya, Senin, mengatakan, Indonesia berpartisipasi pada Matka 2014 Nordic Travel Fair, pada 16-19 Januari ini.

Dikatakan dia, Matka 2014 Nordic Travel Fair yang diikuti sebanyak 1.102 peserta dari 81 negara dikunjungi tidak kurang dari 76.000 pengunjung itu Indonesia menampilkan tema Mystical Bali dengan mengusung rangda dan barong sebagai dekorasi utama.

Gerai Indonesia yang dirancang KBRI di Helsinki bersama dengan seniman Bali dan masyarakat Indonesia yang ada di Finlandia, sangat menarik perhatian pengunjung. Rangda dan barong sangat unik bagi mereka, selalu menjadi hal yang ditanyakan mereka.

Jadilah barong dan rangda kemudian sebagai latar penting bagi pengunjung, setidaknya berhenti dan berfoto di depan gerai Indonesia. Kedua ornamen ritual keagamaan Hidu Dharma dan adat Bali itu kerap tampil dalam berbagai produk seni tari dan drama tradisional penting. 

Di antaranya adalah seni drama tari Calonarang, yang pada masa lalu sangat magis dan sakral dan tidak akan ditampilkan pada sembarang tempat dan kesempatan, melainkan menunggu saat baik atau keperluan khusus menurut penanggalan Bali. 

Dua Biro Perjalanan Wisata Indonesia juga secara khusus datang dari Stockholm, Swedia,  turut memasarkan produk pariwisata Indonesia kepada pasar di Finlandia.

Selain Mystical Bali, kehadiran Indonesia selama Matka 2014 juga dimeriahkan pertunjukan budaya Indonesia. Panggung-panggung seni budaya menjadi arena mereka.

Kelompok tari Bhinneka Indonesia dan Banyu Petak Indonesia beranggotakan masyarakat Indonesia yang berada di Finlandia menampilkan sebanyak empat tarian, yaitu Lenggang Nyai, Gaba-gaba, Jaipong, dan Puspa Mekar selama tiga hari berturut-turut.

"Sebagai contoh, saat barong diarak mengiringi penari kita menuju panggung terjadi, itu saja sudah mampu menyedot perhatian pengunjung," kata Sentanajaya. 

Tidak kurang dari stasiun TV utama Finlandia, YLE TV1, menampilkan berita mengenai pertunjukan dan stand Indonesia pada Matka 2014.

Diharapkan upaya promosi pariwisata Indonesia melalui partisipasi pada Matka Nordic Travel Fair akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan Finlandia ke Indonesia.

Sebanyak empat juta masyarakat Finlandia berusia 15-85 tahun atau 92 persen dari seluruh penduduk Finlandia melakukan perjalanan wisata ke luar negeri setiap tahunnya.

Pewarta: Zaeynita Gibbons
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014