Kami sudah mempersiapkan program timnas jangka panjang untuk AFF. Kami akan fokus di sana,"
Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia hanya menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) pendek sebelum menjalani pertandingan terakhir kualifikasi Piala Asia 2015 melawan tuan rumah Arab Saudi, 5 Maret.

Sekjen PSSI PSSI Joko Driyono di Jakarta, Senin mengatakan, sesuai dengan jadwal, pelatnas timnas senior dibawah asuhan pelatih baru yaitu Alfred Riedl akan dimulai 25 Februari.

"Dengan jadwal yang ada kemungkinan tidak akan ada pertandingan uji coba," katanya.

Pelatnas pendek serta tidak adanya pertandingan uji coba dilakukan karena beberapa pertimbangan yang salah satunya tim yang dilatih pria asal Austria itu difokuskan pada Piala AFF 2014.

Selain difokuskan pada pelatnas jangka panjang, peluang timnas senior untuk masuk putaran final Piala Asia 2015 juga sudah tertutup karena baru mengumpulkan satu poin dari lima pertandingan yang dijalani di Grup C.

"Kami sudah mempersiapkan program timnas jangka panjang untuk AFF. Kami akan fokus di sana," katanya menambahkan.

Demi membangun tim, pelatih Afred Riedl telah melakukan pemantauan langsung saat klub-klub Indonesia Super League (ISL) menjalani pertandingan turnamen Inter Island Cup.

Selain memantau langsung pemain, pria yang membawa Timnas Indonesia menjadi runner up Piala AFF 2010 ini juga menyiapkan jajaran pelatih. Widodo Cahyono Putro, Wolfgang Pikal dan Eddy Harto kembali dibutuhkan tenaganya.

Untuk menghadapi Piala AFF 2014 serta sebelumnya untuk menjalani pertandingan terakhir kualifikasi Piala Asia 2015 Grup 9, Alfred Riedl akan memanggil 40 hingga 45 pemain dan selanjutnya akan menjalani pelatnas.

Target yang dibebankan kepada Alfred Riedl tahun ini lebih berat yaitu harus mampu meraih juara Piala AFF. Jika gagal, opsi kontrak tiga tahun yang dijalani bakal diputus ditengah jalan.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014