Karawang (ANTARA News) - Penyakit gatal-gatal mendominasi keluhan yang disampaikan para korban banjir di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Asep Hidayat Lukman, Senin.

"Dinas Kesehatan menyebar posko-posko kesehatan di titik-titik pengungsian. Dari posko kesehatan itu diketahui, warga korban banyak yang mengeluhkan penyakit gatal-gatal," katanya, di Karawang.

Selain gatal-gatal, penyakit lainnya yang juga dikeluhkan warga korban banjir ialah penyakit kulit, flu, batuk, demam, dan diare.

Menurut dia, posko kesehatan yang disebar di setiap titik pengungsian sudah siap melayani keluhan penyakit yang disampaikan warga korban banjir.

Ia memastikan, stok obat-obatan untuk pengungsi yang merupakan korban banjir itu aman dan memadai hingga beberapa waktu ke depan.

"Suplai makanan pendamping ASI untuk bayi di bawah tiga tahun (batita) juga telah disediakan dalam jumlah yang cukup," kata dia.

Dikatakannya, setelah mengungsi selama beberapa hari, para korban banjir rentan terkena penyakit. Meski demikian, pihaknya belum menerima laporan ada penyakit yang membahayakan yang diderita warga di tempat pengungsian.  (MAK/Z002)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014