Jakarta (ANTARA News) - Hasil studi terbaru yang dilakukan di Skotlandia menunjukkan bahwa bermain sepak bola membantu banyak pria mengurangi berat badan dan bisa menjadi strategi efektif untuk mengatasi masalah obesitas pada pria.

Menurut hasil studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet, Prof. Kate Hunt PhD dari Unit Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Sosial University of Glasgow di Inggris dan rekan-rekannya melakukan penelitian pada 747 pria penggemar sepak bola berusia 35-65 tahun dari 13 klub penggemar sepak bola di Skotlandia.

Dalam studi itu, para peneliti secara acak membagi peserta menjadi dua untuk mengikuti program pengurangan berat badan bersama pelatih sepak bola komunitas selama 12 sesi yang dilakukan setiap pekan.

Sebanyak 374 pria dalam kelompok yang mendapat intervensi memulai program pengurangan berat badan dalam tiga minggu dan 374 pria dalam kelompok pembanding masuk dalam daftar tunggu selama 12 bulan.

Namun semua peserta mendapat panduan pengaturan berat badan selama menjalani program tersebut.

Setelah 12 bulan, peneliti membuat rata-rata penurunan berat badan pada 333 pria (89 persen) dari kelompok intervensi dan 355 pria (95 persen) dari kelompok pembanding yang menyelesaikan program tersebut.

Dalam satu tahun, perbedaan rata-rata penurunan berat badan antara dua kelompok tersebut 4,94 kilogram, demikian menurut hasil studi yang dipublikasikan di laman jurnal The Lancet.

Para peneliti menyatakan program itu bisa efektif menurunkan berat badan karena para peserta menikmati program pengurangan berat badan khusus untuk laki-laki sekaligus menyalurkan hobi sepak bola mereka.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014