Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian RI (Polri) akan mengirim 3.500 personel ke daerah-daerah yang terdampak bencana.

"Keseluruhan dari Mabes Polri dan Brimob sekitar 3.500 perseonel," kata Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan Mabes Polri Komjen Pol Badrodin Haiti saat membacakan amanat Kepala Polri Jenderal Pol Sutarman pada Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Markas Komando Korps Brigade Mobil Polri Kelapa Dua, Depok, Rabu.

Badrodin mengatakan personel Polri akan dikirim ke daerah-daerah yang sedang tertimpa bencana seperti Kabupaten Tanah Karo,Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Sulawesi Utara.

Dia mengatakan pasukan tersebut ditugaskan untuk membantu penanganan bencana hingga Maret 2014.

"Berdasarkan data BMKG, kami persiapkan mungkin sampai bulan Maret, cek kesiapannya untuk bisa melakukan penanganan jangka panjang," katanya.

Pengiriman personel itu, menurut dia, dilakukan berdasarkan kebutuhan tenaga tambahan di daerah-daerah yang sedang terkena bencana.

"Sangat tergantung daripada Kasatwilnya, Kapolda apakah perlu bantuan dari sini apakah cukup di daerah kesatuannya masing-masing. Kalau pun perlu bantuan peralatan dan personel, kita bantu dari sini," katanya.

Jenderal bintang tiga itu mengatakan saat ini 300 personel sudah dikerahkan untuk membantu penanganan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

"Dari Manado, belum ada permintaan dari sana," katanya.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014