-- Kerjasama ini akan menghasilkan lebih dari 10 juta dolar yang nantinya akan dipakai untuk melawan AIDS dan untuk peluncuran lagu baru serta unduh gratis lagu baru U2 yang akan diputar pertama kali pada ajang Super Bowl

NEW YORK, 23 Januari 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- (RED), grup band rock U2, dan Bank of America hari ini (kemarin) mengumumkan kerjasama yang akan menghasilkan lebih dari 10 juta dolar untuk melawan penyakit AIDS. Informasi detail tersedia di www.bankofamerica.com/RED.

(Foto: http://photos.prnewswire.com/prnh/20140123/NY51738-a)
(Logo: http://photos.prnewswire.com/prnh/20140123/NY51738LOGO-b)

Kerjasama ini akan dimulai pada ajang pembukaan Super Bowl tanggal 2 Februari yang juga akan memutarkan untuk pertama kalinya lagu baru U2 berjudul "Invisible". Lagu ini akan dapat diunduh secara ekslusif dan terbatas di iTunes selama acara Super Bowl berlangsung dan hanya untuk 24 jam ke depan. Untuk tiap unduhan, Bank of America akan mendonasikan 1 dolar, dengan total 2 juta dolar, kepada Global Fund to Fight AIDS, Tubercolosis and Malaria, dan Malaria, dimana nantinya dengan dana sumbangan tersebut akan menyediakan pengobatan, pengujian, dan pencegahan HIV/AIDS bagi puluhan juta orang di negara-negara miskin.  

(RED) telah menyumbangkan lebih dari 240 juta dolar kepada Global Fund semenjak organisasi ini didirikan pada tahun 2006 oleh vokalis U2, Bono, dan Bobby Shriver dalam rangka mendorong donasi korporasi untuk melawan AIDS. Sumbangan dari Bank of America akan membantu (RED) mengumpulkan seperempat juta dolar lagi.

Bono mengatakan, "Bergabungnya Bank of America sebagai mitra (RED) untuk melawan AIDS merupakan kabar gembira. Hal ini membawa pengaruh besar bagi dunia, dan tidak hanya akan membantu kami mengumpulkan sumbangan jutaan dolar, tapi juga membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus berjuang melawan penyakit yang telah merenggut 35 juta orang di seluruh dunia. Dan hal yang luar biasanya lagi ialah bantuan senilai 10 juta dolar ini nantinya masih akan bertambah lewat sumbangan dari Gates Foundation, SAP, dan Africa's Motsepe Family, sehingga total dana sumbangan keseluruhan mencapai 22 juta dolar."

Tujuan utama prakarsa ini ialah untuk meningkatkan kesadaran basis nasabah dan lebih dari 240.000 karyawan Bank of America, dan memberikan mereka kesempatan untuk berpartisipasi di dalam perjuangan global untuk menghapus transmisi HIV dari ibu ke anak pada tahun 2015. Bank of America melayani satu dari dua keluarga dengan jaringan mencapai sekitar 5100 kantor dan 16.300 ATM, dan situsnya ialah satu dari segelintir situs yang paling banyak dikunjungi di dunia, serta 30 juta pengguna perbankan daring dan 14 juta pengguna perbankan seluler.

Brian Moynihan, CEO Bank of America, mengatakan, "Karena kami mendedikasikan seluruh sumber daya kami untuk melayani nasabah dan klien di AS dan seluruh dunia, kami dapat menjalinkan kemampuan kami tersebut dengan (RED) dan komunitas kesehatan dunia untuk melawan AIDS. Tapi yang lebih penting ialah kami mengajak para nasabah dan karyawan kami untuk bergabung di dalam perjuangan ini."

Dana sumbangan (RED) digelontorkan untuk melawan AIDS di delapan negara Afrika - Ghana, Kenya, Lesotho, Rwanda, Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, dan Zambia - dan menyediakan berbagai bantuan seperti layanan pengobatan, pengujian, dan pencegahan dan perawatan, dengan fokus untuk mengakhiri transmisi HIV dari ibu ke anak dan mewujudkan generasi yang bebas AIDS. Dari total 240 juta dolar yang telah disumbangkan (RED), 100  persen telah sepenuhnya disumbangkan ke Global Fund untuk berbagai layanan di lapangan, tanpa adanya biaya tambahan yang mesti dikeluarkan oleh (RED). (RED) dan mitra-mitranya - Bank of America, Starbucks, Apple, dan masih banyak lagi - bersatu di dalam perjuangan global untuk menghapus transmisi virus HIV dari ibu ke anak pada tahun 2015, sesuai dengan Misi Pembangunan Milenium PBB.

Mark Dybul, direktur eksekutif Global Fund to Fight AIDS, Tubercolosis and Malaria, mengatakan, "Kami ingin berterima kasih kepada Bank of America, (RED), dan U2 untuk kerjasama inovatif ini untuk menggalang dana dan kesadaran sosial untuk melawan AIDS. Kemitraan ini akan memberikan dampak positif yang besar di masa depan."


Sekilas tentang (RED)

(RED) dibentuk pada tahun 2006 oleh Bono dan Bobby Shriver untuk mengajak para pelaku bisnis dan masyarakat dunia untuk berpartisipasi dalam memerangi AIDS.

(RED) bermitra dengan berbagai merek ikonik dunia yang mendonasikan 50% keuntungan dari barang-barang bermerek dan layanan jasa (RED) kepada Global Fund. Beberapa Mitra terdepan (RED) adalah: Apple, Starbucks, The Coca-Cola Company, Beats by Dr. Dre, Belvedere, Claro, SAP, Telcel, dan Live Nation Entertainment. . Beberapa mitra Edisi Spesial (RED) adalah: Jonathan Adler, Theory, HEAD, Kidrobot, Mophie, FEED, Sir Richard's Condom Company, Shazam, Girl Skateboards, Nanda Home, Bottletop, Fatboy USA and Bed Bath & Beyond.

Hingga hari ini, (RED) telah mengumpulkan dana lebih dari $240 juta bagi Global Fund untuk memerangi AIDS, Tuberkolosis, dan Malaria dan untuk mendukung perlawanan terhadap HIV/AIDS di Ghana, Kenya, Lesotho, Rwanda, Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, dan Zambia. 100 persen dana tersebut digunakan untuk berbagai keperluan di lapangan - tidak ada biaya yang diambil. Global Fund mencatat bahwa bantuan-bantuan (RED) telah memberikan kontribusi vital bagi 40 juta rakyat dengan memberikan tindakan pencegahan, pengobatan, konseling, uji HIV, dan layanan perawatan.

(RED) adalah salah satu divisi dari ONE Campaign.

Pelajari lebih lanjut di red.org.


Sekilas tentang Global Fund

Global Fund adalah lembaga keuangan internasional yang didedikasikan untuk mengajak dan menyalurkan sumber daya untuk mencegah dan mengobati HIV dan AIDS, TB, dan malaria. Global Fund mendorong terlaksananya kemitraan dengan pemerintah, masyarakat sipil, sektor swasta, dan kelompok masyarakat lain yang  terkait - cara yang paling efektif untuk menyalurkan pertolongan kepada yang membutuhkan. Pendekatan inovatif ini mengandalkan pada kepemilikan sebuah negara dan pendanaan berbasis hasil kinerja, yang berarti  masyarakat pada negara-negara terkait mengimplementasikan program-program kerja mereka berdasarkan prioritas mereka, dan Global Fund memberikan pendanaan di mana pendanaan yang dapat dibuktikan mampu diraih.

Sejak pembentukannya pada tahun 2002, Global Fund telah mendukung lebih dari 1000 program pada 140 negara, sehingga mampu memberikan pengobatan AIDS bagi 6,1 juta orang, pengobatan anti-tuberkolosis untuk 11,2 orang, dan 360 juta kelambu berinsektisida untuk pencegahan wabah malaria. Global Funds bekerjasama dengan  beberapa organisasi bilateral dan multilateral lainnya untuk melengkapi perjuangan yang sudah ada dalam menangani ketiga penyakit ini.


Sekilas tentang Bank of America

Bank of America adalah salah satu lembaga keuangan terbesar di dunia, yang melayani nasabah perorangan, korporasi berskala kecil, menengah, dan besar dengan berbagai produk dan layanan perbankan, investasi, manajemen aset, dan manajemen risiko dan keuangan lainnya. Perusahaan ini memiliki jaringan layanan yang tak tertandingi, yang melayani sekitar 50 juta nasabah, dengan kantor sebanyak 5100 bank dan sekitar 16.300 ATM, dan layanan perbankan daring pemenang penghargaan yang melayani 30 juta pengguna aktif dan lebih dari 14 juta pengguna perbankan seluler. Bank of America adalah salah satu perusahaan manajemen kekayaan dan pemimpin global dalam sektor perbankan dan trading korporasi dan investasi di beragam kelas aset, yang melayani klien korporasi, pemerintah, kelembagaan, dan perorangan di seluruh dunia. Bank of America menyediakan solusi perbankan terkemuka bagi sekitar 3 juta pemilik bisnis melalui berbagai produk dan layanan daring yang inovatif dan mudah digunakan. Perusahaan ini melayani klien-kliennya melalui operasi yang tersebar di lebih dari 40 negara. Saham Bank of America Corporation (NYSE: BAC) terdaftar di Bursa Efek New York.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014