Manado (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Utara Sinyo H Sarundajang menyerahkan bantuan pemerintah untuk korban banjir di Kabupaten Minahasa Selatan pada Sabtu.

Bantuan tanggap darurat berupa uang Rp100 juta, tiga ton beras, seragam sekolah, tikar, makanan siap saji, kompor gas, dan lauk bagi korban banjir diserahkan kepada Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu dan perwakilan warga di kantor Kepala Desa Lelema, Kecamatan Tumpaan.

"Setiap bantuan bencana alam yang diberikan oleh pemerintah harus tepat sasaran dan dapat gunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang menerimanya," kata Gubernur.

Ia berpesan kepada pengelola bantuan membagikan bantuan secara adil kepada semua korban. "Ini harus diperhatikan. Bantuan harus diberikan bagi yang berhak mendapatkannya. Jangan pilih kasih," katanya.

Gubernur juga meminta warga Desa Lelema, Desa Popontelen dan Desa Tangkunei yang pemukimannya kebanjiran tabah menghadapi cobaan.

"Harus ada rasa persaudaraan yang rukun serta ada kebersamaan, karena sebagai orang beriman harus bersandar dan menyerahkan hidup ini hanya pada Tuhan," katanya.

Setelah menyerahkan bantuan, Gubernur meninjau tempat pengungsian dan jembatan di Desa Popontelen yang menghubungkan Desa Sulu serta Kecamatan Tatapaan.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014