Palembang (ANTARA News) - Marzuki Alie mengatakan, penegakan hukum hal yang utama dalam pemberantasan korupsi yang terjadi sekarang ini, agar penyelewengan uang negara tersebut dapat ditekan.

Bahkan, saat ini pihaknya di DPR telah memroses undang-undang pencucian uang untuk memberantas korupsi tersebut, kata Marzuki Alie yang juga calon presiden Partai Demokrat dalam "debat bernegara" di Palembang Sport Convention Center, Sabtu malam.

Memang, lanjut Ketua DPR RI, itu pemberantasan korupsi harus dilaksana bersama, sehingga penyelewengan uang negara tersebut dapat ditekan.

Sehubungan itu, lanjut dia, bila undang undang pencucian uang sudah diberlakukan, jadi siapapun presidennya nanti amanat tersebut harus dijalankan.

Sementara Endriartono Sutarto mengatakan, menegakan hukum dalam pemberantasan korupsi hal utama, sehingga koruptor menjadi jera.

Namun, yang lebih penting lagi pemiskinan para koruptor tersebut juga harus dilaksanakan karena selama ini walaupun dihukum mereka tetap memiliki harta.

Jadi bila koruptor menjadi miskin maka efek jera dari para penyeleweng uang negara tersebut akan terjadi.

Jadi bila dirinya dipercaya menjadi presiden pihaknya akan mengutamakan penegakan hukum, ucap dia.

Dengan adanya kenyamanan dari seluruh masyarakat maka pembangunan dapat dilaksanakan secara baik, kata dia.

Sementara itu, Anies Bawesdan mengatakan, dalam membangun negeri ini yang lebih diutamakan yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Hal ini bila sumber dayanya berkualitas maka pembangunan terus berkembang dan kesejahteraan akan meningkat, tambah dia.(*)

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014